Post Seks Blues dalam Hubungan Seks: Arti, Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 02 Juni 2023, 04:51 WIB
Post Seks Blues dalam Hubungan Seks: Arti, Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasinya (FOTO: Freepik.com)

Post Seks Blues dalam Hubungan Seks: Arti, Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasinya (FOTO: Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Post seks blues adalah perasaan sedih, cemas, atau lebih dari itu, yang dialami lelaki atau perempuan setelah berhubungan intim, meski hubungan seks itu terjadi dalam keadaan tanpa paksaan dan suka sama suka.

Secara persentase, post seks blues lebih banyak dialami wanita. Meski, tak sedikit laki-laki yang juga mengalaminya karena akumulasi trauma masa lalu yang masih sulit dilepas.

Dijelaskan oleh Dokter G. Maria Silvia, M.Sc, SpMK melalui chanel Youtube Dokter 24 yang dikutip Labviral.com, bahwa memang ada orang yang mengalami suasana hati yang buruk pasca berhubungan seks, padahal aktivitas hubungan seks ini dilakukan dengan pasangan sah dan tanpa paksaan.

Baca Juga: 6 Penyebab Post Seks Blues: Perasaan Sedih yang Dialami Pria atau Wanita Saat Bercinta, Termasuk karena Gak Capai Orgasme

Bahkan, post seks blues ini bisa terjadi dalam hubungan seks yang diawali dengan perasaan yang gembira dan bahagia.

Ciri-ciri post seks blues

Dokter G. Maria Silvia, M.Sc, SpMK merinci bahwa post seks blues tak hanya membawa perasaan sedih, tapi beberapa keadaan lebih buruk dan berkepanjangan dari itu juga bisa menyertainya.

“Misalkan penyesalan, perasaan tidak berharga, frustasi, percaya diri menurun atau bahkan marah. Padahal, aktivitas seksnya atas dasar suka sama suka atau saling mencintai,” jelasnya.

Baca Juga: Mari mengenal Post Seks Blues, Rasa Sedih yang Dialami Usai Berhubungan Intim Suami Istri

Penyebab post seks blues

Post seks blues bisa disebabkan oleh beberapa keadaan, yang rata-rata adalah akumulasi dari trauma, dan kekhawatiran yang besar di masa lalu, sehingga hubungan seks dipandang bak sebuah penyiksaan yang sangat menakutkan. Penyebab post seks blues antara lain:

  • Perubahan kadar hormon
  • Depresi pasca melahirkan
  • Rasa tidak nyaman pada tubuh sendiri
  • Trauma masa kecil
  • Orgasme yang tidak tercapai
  • Stres
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini