Trofi Asli Piala Dunia Tidak Boleh Dibawa Pulang? Sudah Tahu Alasannya Kenapa?

Dian Eko Prasetio
Minggu 26 Maret 2023, 18:24 WIB
Trofi Piala Dunia (Sumber : Istock)

Trofi Piala Dunia (Sumber : Istock)

LABVIRAL.COM - Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia Qatar 2022 usai menyingkirkan perlawanan Prancis di babak final melalui drama adu penalti.

Pemenang pada laga akan mengangkat trofi, namun tidak membawanya pulang. Alasan tidak boleh membawa pulang trofi Piala Dunia ini tentu bukan tanpa sebab.

Lalu, apa yang mendasari trofi Piala Dunia yang asli tidak boleh dibawa pulang oleh pemenang?

Trofi Piala Dunia adalah hadiah yang diberikan kepada juara sepak bola Piala Dunia FIFA. Trofi ini adalah simbol penghargaan yang diberikan kepada juara setiap empat tahun sekali.

Baca Juga: 9 Minuman Paling Enak di Dunia, Kamu Suka yang Mana?

Setelah pertandingan selesai, trofi Piala Dunia akan dikembalikan ke FIFA, yang merupakan induk organisasi yang mengatur pertandingan sepak bola internasional.

Meskipun trofi Piala Dunia tidak boleh dibawa pulang oleh juara, negara atau tim yang menang akan menerima replika trofi.

Replika trofi ini tidak sebesar trofi asli, tapi merupakan versi yang lebih kecil dan dapat dibawa pulang oleh sang juara.

Salah satu yang mendasari alasan tidak boleh dibawa pulang trofi asli adalah perihal keamanan. Hal tersebut tentu merupakan keputusan dari FIFA. Di mana trofi asli dari Piala Dunia masih menjadi favorit para pencuri.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini