Berapa Lama Orang Bisa Bertahan Tanpa Tidur?

Sunardi
Kamis 16 Maret 2023, 12:07 WIB
Ilustrasi seorang wanita sedang tidur. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seorang wanita sedang tidur. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Tidur merupakan bagian penting dari hidup manusia. Tidur menjadi cara istirahat paling baik setelah aktivitas sehari-hari supaya tubuh kembali segar.

Namun, beberapa orang yang sibuk bekerja sering memilih untuk tidak tidur alias begadang. Lalu, sebenarnya berapa lama orang bisa bertahan tanpa tidur?

Tercatat ada beberapa orang yang mencoba tidak tidur untuk waktu lama. Pertama, orang berkebangsaan Amerika Serikat, Randy Gardner, memegang rekor dunia dengan tidak tidur selama 11 hari dan 25 menit. Namun, rekor tersebut masih belum secara akurat dibuktikan.

Selain Randy Gardner, ada juga seorang presenter radio Peter Trupp yang melakukan siaran di tengah-tengah Time Square selama 201 jam tanpa henti. Aksi yang dilakukan pada tahun 1959 tersebut guna mengumpulkan dana buat yayasan anak-anak.

Akibat aksi yang dilakukannya, Peter sempat mengalami halusinasi dan bertingkah aneh. Ia juga sempat memaki-maki orang yang berada di sekitarnya.

Hal tersebut tentu membuktikan jika dengan tidak tidur memiliki efek samping terhadap kondisi tubuh, baik dari fisik maupun psikis.

Baca Juga: Benarkah Tidur Miring ke Kiri Berbahaya bagi Jantung?

Baca Juga: Apakah Obat Tidur Pilihan Tepat Mengobati Insomnia? Simak Penjelasan Berikut

Baca Juga: Bahaya Kurang Tidur pada Remaja, Multiple Sclerosis Mengancamu!


Dampak Begadang

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini