Mengapa Telapak Tangan Sering Berkeringat? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Sunardi
Jumat 14 Juli 2023, 21:14 WIB
Ilustrasi telapak tangan. (Sumber : Freepik.com/nakaridore)

Ilustrasi telapak tangan. (Sumber : Freepik.com/nakaridore)

LABVIRAL.COM - Berkeringat adalah bagian dari proses mekanisme tubuh. Keringat keluar dari tubuh merupakan respons alami untuk menurunkan subuh badan. Keberadaan keringat biasanya akan keluar pada bagian tubuh tertentu. Salah satunya melalui telapak tangan.

Meski sebagai respons alami, penting untuk mewaspadai adanya keringat di tangan. Hal tersebut lantaran bisa menjadi tanda dari kondisi medis tertentu, seperti hiperhidrosis hingga penyakit jantung.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai penyebab telapak tangan berkeringat. Selain itu, penting juga untuk mengetahui cara mengatasinya.

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat

Ilustrasi telapak tangan.Ilustrasi telapak tangan. (freepik.com)

1. Kondisi Psikis

Dikutip dari siloamhospitals.com, salah satu penyebab telapak tangan berkeringat adalah adanya kondisi psikis. Kondisi ini seperti adanya rasa cemas, gugup, takut, dan tertekan. Kondisi ini juga bisa menyebabkan sistem saraf bekerja secara berlebihan sehingga turut merangsang kelenjar keringat untuk memproduksi keringat secara berlebihan.

Baca Juga: Apa Akibatnya Jika Terlalu Banyak Keringat Dikeluarkan Tubuh?

Baca Juga: Penyebab Keringat Berlebihan di Wajah dan Cara Mengatasinya

2. Penyakit jantung

Tangan berkeringat bukan selalu menjadi tanda dari gangguan jantung. Namun, kondisi ini perlu diwaspadai apabila disertai dengan adanya gejala penyakit jantung lainnya, seperti nyeri dada, sesak napas, jantung berdebar, hingga mudah lelah.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini