9 Langkah Mencegah Anak Mabuk Perjalanan di Mobil, Terutama Saat Liburan

Annisa Fadhilah
Rabu 20 September 2023, 22:08 WIB
9 Langkah Mencegah Anak Mabuk Perjalanan di Mobil, Terutama Saat Liburan (FOTO: Unsplash/Darwin Vegher)

9 Langkah Mencegah Anak Mabuk Perjalanan di Mobil, Terutama Saat Liburan (FOTO: Unsplash/Darwin Vegher)

LABVIRAL.COM -Sama seperti orang dewasa, anak-anak, terutama mereka yang berusia antara 6 hingga 12 tahun, sering mengalami gejala mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan pada anak dapat terjadi ketika mereka melakukan perjalanan menggunakan berbagai moda transportasi, seperti kereta, pesawat, bus, kapal laut, atau mobil pribadi. Ketika anak mengalami mabuk perjalanan, mereka mungkin akan merasa tidak nyaman, termasuk gejala seperti mual, pusing, kembung, dan muntah.

Mabuk perjalanan pada dasarnya terjadi ketika otak anak tidak mampu memproses semua informasi yang diterimanya dari pancaindra dan sistem pergerakan secara bersamaan.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Honda Air Blade 160 yang Bikin Yamaha Aerox 155 Ketar Ketir!

Misalnya, saat dalam perjalanan, mata anak melihat perangkat elektronik, sementara otot dan sendi merasa tubuh dalam keadaan diam, dan telinga mendengarkan musik yang sedang diputar di dalam kendaraan.

Otak tidak mampu menggabungkan semua informasi ini secara efektif, kemudian dapat menghasilkan berbagai gejala, seperti rasa pusing, keringat dingin, kepekaan berlebihan, perubahan warna kulit, kesulitan berkonsentrasi, peningkatan produksi air liur, pernapasan yang cepat, serta rasa mual dan muntah.

Walaupun mabuk perjalanan pada anak bukanlah suatu kondisi yang berbahaya, namun hal ini tentu dapat mengganggu kenikmatan selama perjalanan bersama keluarga.

Baca Juga: Tips Ampuh Memilih Ban Motor yang Cocok untuk Musim Hujan, Dijamin Anti Licin

Terdapat beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mencegah mabuk perjalanan pada anak sebelum hal tersebut terjadi, di antaranya:

Memperhatikan posisi duduk anak

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini