Yuk Patuhi, Ini Jam Tidur Ideal untuk Kesehatan Jantung

Aprilia
Rabu 22 Maret 2023, 10:59 WIB
Ilustrasi seorang wanita sedang tidur. (Sumber : Freepik.com/tirachardz)

Ilustrasi seorang wanita sedang tidur. (Sumber : Freepik.com/tirachardz)

LABVIRAL.COM - Semakin bertambahnya usia seseorang, jam tidur yang dibutuhkan juga semakin beragam. Anak-anak akan memiliki kebutuhan tidur yang berbeda dengan orang dewasa maupun lansia.

Selain durasi tidur, jam tidur malam demi kesehatan jantung juga wajib diperhatikan. Jangan sampai terlalu lama tidur tapi juga tak baik jika begadang terus-menerus.

National Sleep Foundation juga merekomendasikan jam tidur orang dewasa mulai pukul 20.00 hingga tengah malam (0:00). Rentang waktu tersebut merupakan momen di mana tubuh melepaskan hormon melatonin, yaitu suatu jenis hormon yang membuat mengantuk.

Hasil penelitian yang dilakukan Jurnal European Heart Journal-Digital Health mendapatkan hasil bahwa seseorang yang tidur antara pukul 22.00 -23.00 memiliki risiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah dibanding mereka yang tidur lebih awal atau lebih malam. Penelitian ini dilakukan dalam rentang 2006 hingga 2010 pada 88.026 orang partisipan, sebanyak 58% respondennya adalah perempuan.

"Tubuh memilki jam tubuh internal 24 jam bernama ritme sirkadian yang membantu mengatur fungsi fisik dan mental," terang Dr David Plans dari University of Exeter.

Peneliti kemudian menganalisis hubungan antara jam tidur serta kejadian kardiovaskular setelah menyesuaikan usia, jenis kelamin, durasi tidur, jam tidur tak teratur, waktu tidur, kebiasaan merokok, indeks massa tubuh, diabetes, tekanan darah, kolesterol, serta status sosio ekonomi.

Baca Juga: Hati-hati! 2 Kebiasaan Pola Makan ini Dapat Merusak Jantung

Baca Juga: Benarkah Tidur Miring ke Kiri Berbahaya bagi Jantung?

Penelitian ini juga mendapatkan hasil bahwa tidur di atas tengah malam (00.00) adalah waktu yang paling buruk lantaran menurunkan peluang seseorang memperoleh cahaya matahari pagi yang mengatur ulang "jam tubuh".

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini