Alami Masalah Kulit Saat Menstruasi? Simak Penjelasannya!

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 23 Maret 2023, 02:04 WIB
Ilustrasi seorang wanita perutnya sakit karena haid.

Ilustrasi seorang wanita perutnya sakit karena haid.

LABVIRAL - Sebagai 'penanda' datang bulan, tubuh wanita mengalami perubahan yang siginifikan. Banyak dari mereka yang mengeluh kram perut, kembung, perubahan mood, hingga masalah kulit saat menstruasi. 

Umumnya yang paling sering dialami kaum hawa adalah masalah kulit saat menstruasi, seperti menjadi lebih kering, kusam, hingga berjerawat. Ini terjadi karena perubahan hormon ketika akan datang bulan. Masalah kulit ini bahkan terkadang membuat para wanita stres.

Tetapi jangan khawatir, ahli gizi asal India, Rashi Chowdhary akan memberitahu bagaimana perubahan kulit terjadi sebelum dan sesudah menstruasi. Dilansir Labviral.com dari laman NDTV, berikut ulasannya:

Baca Juga: 6 Bahan Rumahan Ini Bisa Jadi Toner Alami untuk Kulit Berminyak

1. Hari 1-6

Chowdhary menjelaskan bahwa kulit cenderung terlihat kusam di hari pertama sampai hari keenam. Bagi wanita yang memiliki masalah hormonal, mereka lebih mudah berjerawat.

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena kadar estrogen yang rendah, sehingga mempengaruhi kadar sebum yang mebantu dalam mempertahankan kelembapan.

2. Hari 7-11

Memasuki hari ketujuh, dan untuk beberapa hari ke depan, kulit akan cenderung terlihat segar dan cerah, karena terjadi peningkatan kadar estrogen yang stabil.

Pasalnya, sebum yang diproduksi akan cukup untuk membantu kulit kembali menjadi lembap.

Baca Juga: Bro, Terapkan Perawatan Wajah Ini untuk Kulit Kering

3. Hari 12-16

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini