Kaum Hawa Musti Paham, Ciri-Ciri Telat Haid karena Stres dan Cara Mengatasinya

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 02:14 WIB
Ilustrasi seorang wanita perutnya sakit karena haid.

Ilustrasi seorang wanita perutnya sakit karena haid.

LABVIRAL.COM - Jika siklus haid seseorang teratur, lalu tiba-tiba berantakan, atau bahkan telat haid-nya bisa sampai lebih dari sebulan, maka hal ini perlu mendapat perhatian.

Kamu para ladies mengalami telah haid, tapi tidak memiliki gejala hamil, maka ada kemungkinan besar bahwa stres bisa menjadi salah satu pemicu kondisi tersebut.

Tapi, apasih ciri-ciri kamu mengalami masalah telat haid karena stres? Lalu bagaimana cara mengatasi telat haid karena stres tersebut?

Baca Juga: Alasan Ahli Tidak Menyarankan Mengonsumsi Teh di Malam Hari

Dilansir dari laman Business Insider, stres bisa menyebabkan tertundanya siklus haid dikarenakan peningkatan hormon stres yaitu hormon kortisol. Alasannya karena siklus haid bergantung pada pola hormonal.

Biasanya siklus haid bekerja dengan cara hormon estrogen dan progesteron yang dilepaskan oleh hipotalamus dan kelenjar pituitari, yang kemudian menyebabkan respons di ovarium.

Siklus haid ini dipengaruhi oleh keseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron. Sedangkan stres karena adanya hormon kortisol, mengubah pola tersebut.

Baca Juga: Menyerang Segala Usia, Kenali Gejala Awal Cacar Air

Saat hormon kortisol meningkat, pola hormonal estrogen dan progesteron normal berubah. Untuk itu, manajemen stres perlu dilakukan agar masalah ini tidak berlarut-larut.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini