Alasan Ahli Tidak Menyarankan Mengonsumsi Teh di Malam Hari

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 14 Maret 2023, 02:09 WIB
Ilustrasi Minum Teh

Ilustrasi Minum Teh

LABVIRAL.COM - Teh merupakan salah satu minuman yang bisa membuat seseorang lebih rileks dan tenang. Minuman ini juga dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan.

Umumnya, orang-orang mengonsumsi teh pada saat pagi dan sore hari. Tapi, tak jarang juga banyak yang minum teh di malam hari sebagai penghangat tubuh. Tapi, ternyata minum teh tidak dianjurkan pada malam hari. Mengapa?

Menurut penjelasan dari Dr. Dixa Bhavsar Savaliya, ahli Ayurveda (ilmu kesehatan dari India), dalam ilmu kedokteran, kafein paling baik dihindari 10 jam sebelum waktu tidur. 

Baca Juga: Menyerang Segala Usia, Kenali Gejala Awal Cacar Air

"Hal ini dikarenakan agar seseorang memiliki kualitas tidur yang nyaman dan nyenyak, serta dapat mendetoks hati yang optimal, mengurangi kortisol (peradangan) dan mendapatkan pencernaan yang sehat," ungkap Savaliya.

Dr Savaliya mengungkapkan, sebenarnya teh mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, kebiasaan minum teh di malam hari juga tidak baik. Apalagi jika menambahkan susu atau gula, yang dapat mengubah nutirisinya. 

"Teh kaya akan antioksidan yang merupakan senyawa untuk mencegah kerusakan sel dan membantu mengurangi peradangan tubuh," jelas Savaliya.

Baca Juga: Ternyata Ada Tingkatannya, Yuk Cek Level Stres Kamu

"Selain itu, teh juga mengandung  polifenol seperti katekin, theaflavin, dan thearubigin yang semuanya dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan."

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini