5 Alasan Kenapa Hobi Baik Bagi Kesehatan Mental hingga Fisik

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 04:37 WIB
Seorang pria menjalani hobi fotografi.

Seorang pria menjalani hobi fotografi.

LABVIRAL.COM - Bukan hanya berfungsi untuk mengisi waktu luang saja, tetapi hobi juga memiliki manfaat bagi kesehatan baik secara mental maupun fisik. Pengertian hobi sendiri merupakan kegiatan untuk mengisi waktu luang dan bermanfaat. 

Banyak sekali jenis hobi yang bisa dilakukan dari menulis, menggambar, melukis, bernyanyi bahkan main game. Di tangan orang-orang tertentu, hobi bahkan bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.

Sementara itu, beberapa hobi seperti menggambar, melukis, dan basket memiliki manfaat tinggi untuk kesehatan mental dan fisik. Kenapa seperti itu? Berikut beberapa alasan kenapa hobi bisa menyehatkan mental dan fisik. 

Baca Juga: 5 Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang, Bisa Dikerjakan di Waktu Senggang

1. Memberikan waktu jeda sejenak

Membaca buku (Jose Antonio Alba from Pixabay )

 

Hobi merupakan ‘jeda’, di mana kita memberi waktu untuk diri sendiri di tengah-tengah kesibukan untuk beristirahat dan melakukan hal yang menyenangkan. Banyak orang menyebutnya sebagai ‘me time’, di mana seseorang melakukan hal-hal yang ia sukai untuk memperbaiki suasana hatinya. 

Ketika menjalani hobi, energi positif pun terbangun dalam diri seseorang. Ini bisa memperbaiki mood, dan membuatnya banyak orang bisa kembali bekerja dengan bersemangat. 

Kita bahkan bisa pergi ke dunia lain dengan hobi membaca buku. Misalnya saja kita pilih novel Harry potter. 

Baca Juga: 5 Artis Indonesia yang Hobi Berkuda, Ada Anya Geraldine hingga Dian Sastro

2. Memberikan rasa senang

Melukis (Ylanite Koppens from Pixabay )
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini