Madu Hangat Berbahaya? Begini Penjelasan Ahli

Zahwa Elia Azzahra
Senin 13 Maret 2023, 15:02 WIB
Ilustrasi madu

Ilustrasi madu

LABVIRAL.COM - Minum air hangat dengan madu tidak disarankan sebagai cara mudah menurunkan berat badan. Air madu bukanlah solusi terbaik dan mungkin lebih berbahaya untuk dikonsumsi saat perut kosong.

 Mac Singh, seorang ahli diet menjelaskan air madu tidak baik dikonsumsi bahkan tidak memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

"Faktanya air hangat dan madu tidak memiliki nutrisi apapun kecuali kalori dan gula," jelasnya dikutip Labviral.com dari laman Indianexpress

Baca Juga: Serupa tapi Tak Sama, Kenali 4 Perbedaan Stunting dan Cebol

Menurut Singh, satu sendok teh madu mengandung hampir enam gram gula dan 21 kalori. Sedangkan,  satu sendok makan mengandung 17 gram gula dan 64 kalori, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. 

Sementara, menurut Ayurveda (ilmu kesehatan dari India), madu hangat menyebabkan racun dalam tubuh dan menyebabkan banyak penyakit. Selain itu,  minuman ini juga berbahaya bagi penderita diabetes karena hanya berbahan air dan gula.
 
"Minuman ini hanya mempengaruhi kadar gula darah secara negatif karena indeks glikemiknya yang tinggi," tambahnya.

Baca Juga: Nah Loh, Terlibat Masalah Hukum Bisa Menyebabkan Hipertensi

Namun, tidak semua setuju akan dampak negatif dari air hangat dan madu. Menurut Dr Manoj Kutteri, Direktur Medis dan CEO Atmantan Wellness Center mengatakan bahwa penderita diabetes memiliki ambang batas dalam hal mengonsumsi gula.
 
"Mereka (penderita diabetes) dapat menggunakan madu sebagai pengganti gula. Madu mengandung banyak mineral jika dibandingkan dengan gula," kata Dr Kutteri. 

Meskipun demikian, kedua ahli malah merekomendasikan untuk mengonsumsi air kayu manis dengan biji ajwain (jintan) yang mengandung hampir nol gula dan sedikit kalori.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini