Berapa Setelan AC Mobil yang Ideal di Cuaca Panas?

Yowan R
Kamis 03 Agustus 2023, 14:03 WIB
Ilustrasi AC Mobil. (Sumber : Pexels.com)

Ilustrasi AC Mobil. (Sumber : Pexels.com)

LABVIRAL.COM - Belakangan ini, cuaca panas dan terik matahari yang ekstrim tengah melanda beberapa wilayah di Indonesia. Hal ini menjadi salah satu penyebab para pengendara mobil harus menyalakan AC terutama di siang hari. Dengan menyalakan AC, berkendara akan semakin nyaman dan sejuk.

Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyalakan AC mobil di siang hari ini, seperti setelan AC. Bagi beberapa orang, suhu yang terlalu dingin akan menyebabkan mereka merasa tidak nyaman, sementara orang lain mungkin merasa terlalu panas. Karena itu, AC mobil harus disesuaikan setelannya dengan kebutuhan orang yang berbeda.

Lalu, berapa setelan AC mobil yang idel untuk sehari-hari saat cuaca panas? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak penjelasannya berikut ini.

Setelan AC mobil yang ideal saat cuaca panas

Suhu ideal untuk AC mobil berbeda-beda tergantung pada jenis mobil, ukuran ruang kabin, dan seberapa lama kamu akan mengemudikan mobil. Pada umumnya, suhu ideal pada AC mobil adalah 20 hingga 24 derajat Celcius.

Suhu ini cukup dingin untuk membantu para pengemudi dan penumpang tetap terasa nyaman selama berkendara, tanpa menyebabkan kekurangan oksigen atau masalah lainnya.

Selain itu, suhu AC mobil juga harus dipertimbangkan dengan suhu diluar mobil sebab, saat di luar sedang panas maka suhu di dalam mobil juga akan meningkat. Karena itu,  agar AC mobil awet dan tahan lama, sesuaikanlah ukuran atau suhu ruangan mobil dengan kondisi cuaca. Langkah tersebut juga bisa membantu pengeluaran bahan bakar minyak (BBM) karena kerja kompresor AC yang lebih ringan.

Agar suhu AC mobil menjadi ideal saat cuaca panas, pengemudi dapat memanfaatkan fitur pengaturan AC otomatis atau auto AC jika mobil sudah memiliki fitur ini. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk membuat kabin lebih cepat sejuk, terlebih saat mobil terparkir dan terkena terik matahari.

Pada fitur auto AC, blower akan mengatur kecepatan secara otomatis sesuai dengan suhu yang ditentukan. Jika suhu yang ditentukan sudah tercapai, maka blower AC secara otomatis akan menurunkan hembusan. Hal ini dikarenakan terdapat sensor temperatur dalam fitur auto AC.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini