Simak Baik-baik Ini Dampak Buruk Menyalakan atau Mematikan AC Mobil Saat Putaran Mesin Tinggi

Yowan R
Kamis 29 Juni 2023, 15:15 WIB
Ilustrasi AC Mobil (Sumber : OLX)

Ilustrasi AC Mobil (Sumber : OLX)

LABVIRAL.COM - Kompresor AC mobil terdiri dari dua bagian yaitu puli dan komponen utamanya. Kedua bagian tersebut disatukan oleh magnetic clutch untuk mengatur putaran kompresor.

Dari prinsip kerja AC tersebut menjadi salah satu pantangan bagi pengguna mobil untuk menghidupkan atau mematikan AC pada saat putaran mesin tinggi.

Hal ini dikarenakan saat putaran mesin tinggi, otomatis putaran kompresor AC juga ikut tinggi. Nah, jika AC mobil ini tiba-tiba dimatikan atau dinyalakan saat putaran mesin tinggi, maka kompresor mobil akan menanggung beban yang cukup besar.

Dampak yang akan terjadi jika AC mobil dimatikan atau dinyalakan saat putaran mesin tinggi ini adalah gesekan yang cukup besar pada puli kompresor AC dan center piece kompresor. Karena itu, sangat disarankan untuk menyalakan atau mematikan AC mobil ini pada saat putaran mesin sangat rendah dibawah 2.000 rpm atau bisa juga saat mobil dalam kondisi berhenti.

Jika kebiasaan dalam menyalakan dan mematikan AC mobil pada saat putaran mesin tinggi dilakukan terus menerus, efek terbesar yang akan terjadi di pada komponen AC adalah pada kompresornya, terutama pada bagian magnetic clutch.

Untuk menjaga keawetan komponen AC pada mobil, para pemilik atau pengendara wajib untuk menjauhi kebiasaan untuk mematikan dan menyalakan AC mobil saat putaran mesin tinggi.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini