Fungsi dan Cara Mengecek RAM Pada HP

Yusuf Tirtayasa
Senin 07 Agustus 2023, 16:45 WIB
Cara Cek RAM Untuk Laptop dan Komputer (Sumber : GadgetTech)

Cara Cek RAM Untuk Laptop dan Komputer (Sumber : GadgetTech)

LABVIRAL.COM - Random Access Memory atau RAM diperlukan untuk menopang kinerja laptop. Sehingga, daya baca (read) serta menulis (write) dapat meningkat dan memudahkan pengguna dalam membuka suatu aplikasi.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, RAM pun juga ikut berkembang yang di mana saat ini sudah ada SSD (Solid State Drive). Dengan kehadiran SSD bisa dibilang mulai menggantikan HDD (Hard Disk Drive). 

Kecepatan membaca program SSD lebih cepat bila dibandingkan dengan HDD, sehingga laptop-laptop yang ada saat ini kebanyakan menggunakan SSD walaupun masih ada yang menggunakan HDD.

Pada dasarnya, SSD bukan hanya digunakan pada laptop saja, tetapi juga digunakan pada laptop. Penggunaan SSD yang berkapasitas cukup besar dan didukung dengan processor yang tepat, maka laptop atau pc kamu menjadi tidak lelet lagi, sehingga ketika mengerjakan sesuatu menjadi lebih cepat.

Fungsi RAM 

RAM merupakan salah satu perangkat keras yang fungsinya cukup vital pada laptop. Fungsi utama dari RAM ini adalah untuk menyimpan suatu program atau bisa juga untuk menyimpan informasi aplikasi yang sedang beroperasi. Selain itu, ada beberapa fungsi RAM yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Hadits Memelihara Kucing, Teladan Rasul Agar Kita Menyayangi Setiap Makhluk

1. Meningkatkan Kemampuan Processor

RAM yang cukup besar akan mendukung processor ketika bekerja. Oleh sebab itu, jika menggunakan processor keluaran terbaru, sebaiknya jangan lupa juga didukung dengan kapasitas RAM yang cukup besar juga. Oleh sebab itu, ketika ingin membeli laptop, sebaiknya mencari info-info di internet terlebih dahulu tentang spesifikasi laptop yang akan dibeli.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini