Apa Saja Sih Komponen Motor yang Rawan Karatan?

Yowan R
Rabu 23 Agustus 2023, 16:01 WIB
Ilustrasi leher knalpot yang berkarat (Sumber : astramotor.co.id)

Ilustrasi leher knalpot yang berkarat (Sumber : astramotor.co.id)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Baik di kota-kota besar, maupun di wilayah pedesaan yang jauh dari pusat kota.

Selain digunakan sebagai alat transportasi untuk berpindah dari tempat satu ke tempat lain, sepeda motor juga sering kali digunakan sebagai kendaraan muatan seperti untuk berdagang, atau mengirim paket oleh para kurir.

Karena penggunaannya yang ekstrim ini, perawatan yang harus dilakukan pada sepeda motor juga harus sepadan agar performa motor tetap optimal. Terlebih jika motor digunakan di daerah yang rawan hujan atau di daerah pinggir pantai, perawatannya harus lebih ekstra untuk mencegah kerusakan seperti karat atau rangka patah seperti yang belakangan ini viral di media sosial.

Karena sepeda motor sebagian besar komponennya terbuat dari logam, tentu saja banyak komponen yang rawatan karatan. Komponen-komponen tersebutlah yang harus selalu dijaga kebersihannya untuk mengurangi risiko karatan.

Lalu, apa saja komponen motor yang rawan karatan? Untuk lebih jelasnya, komponen motor apa saja yang rawan karatan, kamu bisa simak selengkapnya daftar komponen yang mudah karatan berikut ini:

1. Swing arm

Komponen sepeda motor yang mudah karatan pertama adalah swing arm atau lengan ayun. Lengan ayun rawan terkena cipratan air hujan dan lumpur karena letaknya di bawah. Jika tidak segera dibersihkan setelah terkena hujan, karat berpotensi menyerang bagian sambungan lengan ayun dan bushing.

2. Dudukan Monosok

Dudukan monosok belakang atau link pada motor sport seperti Yamaha Vixion dan Honda CB150R juga menjadi salah satu komponen motor yang rawan terkena karat. Dudukan monosok ini bahkan posisinya lebih rendah dibanding lengan ayun, jadi bisa langsung terkena cipratan air hujan dan lumpur.

3. Rangka

Komponen motor selanjutnya yang rawan terkena karat adalah rangka. Rangka motor rawan terkena karat, khususnya pada bagian sambungan (las-lasan) dan bagian yang sulit dijangkau. Jika sisa air hujan dan lumpur mengendap di bagian ini, tinggal tunggu waktu sampai terkena korosi dan rangka berpotensi patah seperti pada video-video yang viral baru-baru ini.

4. Knalpot

Leher knalpot motor rentan terkena karat, karena sering terkena cipratan air dari roda depan yang berputar. Terlebih pada motor jenis naked bike, biasanya leher knalpot terekspos jelas tanpa cover, maka saat di musim hujan bagian itu biasanya cepat kotor.

5. Rantai

Rantai motor, apalagi yang tidak diberi pelindung (cover) juga gampang terkena karat akibat air hujan. Jika sudah terserang karat, rantai motor jadi berisik dan membuat tarikan jadi lebih berat.

6. Tangki bahan bakar

Komponen sepeda motor terakhir yang rawan karatan adalah tangki bahan bakar. karat yang muncul pada tangki bahan bakar ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti jarang mengisi bahan bakar full tank atau menggunakan bahan bakar dengan kualitas yang buruk.

Itulah tadi beberapa komponen motor yang rawan karatan dan memerlukan perhatian ekstra untuk mencegah munculnya karat yang berpotensi membuat komponen keropos dan patah.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini