Tips Membersihkan Tangki Motor dari Karat Sendiri, Nggak Perlu Bawa ke Bengkel

Yowan R
Selasa 15 Agustus 2023, 13:53 WIB
Ilustrasi membersihkan tangki motor dari karat (Sumber : youtube.com/MEKANIK KOPLAK)

Ilustrasi membersihkan tangki motor dari karat (Sumber : youtube.com/MEKANIK KOPLAK)

LABVIRAL.COM - Tangki sepeda motor yang berkarat dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Seperti jarang isi bahan bakar secara penuh di tangki, alhasil karat akan timbul di dalam tangki bensin karena uap air dari bensin sendiri.

Tangki motor yang kotor karena karat ini bisa berpengaruh pada sistem kerja mesin. Tangki yang kotor akan mengalirkan bahan bakar yang kotor dan pompa bensin dapat tersumbat oleh kerak dari karat.

Jika sudah terlanjur tangki motornya berkarat, apakah bisa diatasi untuk membersihkan karat dari dalam tangkinya? Tangki bahan bakar motor yang berkarat ini masih bisa dibersihkan. Kamu bisa membersihkannya sendiri dirumah maupun menyerahkannya kepada ahlinya di bengkel-bengkel langganan.

Lalu, bagaimana jika ingin membersihkan tangki bensin yang berkarat sendiri dirumah? Untuk melakukannya, kamu bisa simak langkah-langkah selengkapnya di bawah ini.

Cara membersihkan tangki motor yang berkarat di rumah

Untuk membersihkan tangki motor dari karat ini cukup mudah dilakukan. Kamu dapat melakukannya dengan mengikuti cara berikut, seperti dikutip dari laman Autos.id:

1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

Untuk memulai cara membersihkan tangki motor yang karatan, kamu perlu menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Peralatan yang dibutuhkan ini cukup banyak yang harus dipersiapkan seperti, wadah untuk menampung bahan bakar, selang transparan, lap, obeng dan lainnya.

2. Keluarkan bensin yang tersisa dari dalam tangki

Setelah semua peralatan tersedia, kamu perlu keluarkan semua sisa bahan bakar yang ada pada tangki. Karena nantinya tangki akan dilepas, dan dibersihkan. Untuk menguras bensin dari tangki, kamu dapat menggunakan selang transparan untuk mengeluarkan bahan bakar dari dalam tangki hingga habis tak bersisa.

3. Lepas tangki dari motor

Setelah bahan bakar atau bensin terkuras habis dari tangki, selanjutnya kamu bisa lepas tangki. Lakukan pelepasan tangki secara perlahan, setelah semua komponen terlepas letakkan di dalam wadah yang sama dan agar tidak mudah tercecer.

4. Hindari menggunakan air untuk membersihkan tangki

Setelah tangki motor terlepas dengan sempurna, kamu dapat membersihkan bagian dalam dan luarnya. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan air untuk membersihkannya, terlebih untuk bagian dalam tangki.

Untuk membersihkan bagian dalam tangki, kamu dapat menggunakan bensin dan sejenisnya dan kocok tangki. Ulang cara tersebut hingga tangki bersih, kamu dapat melakukan proses tersebut berulang-ulang hingga tangki benar-benar bersih.

4. Gunakan asam klorida

Selain menggunakan bensin, kamu juga dapat menggunakan cairan asam klorida untuk membersihkan bagian dalam tangki dari karat. Seperti namanya, cairan asam klorida ini memiliki sifat asam dan dapat membuat karat yang terdapat di dalam tangki mengelupas perlahan-lahan.

Saat menggunakan cairan asam klorida ini sebaiknya kamu menggunakan sarung tangan yang kuat. Selain itu gunakan juga kacamata untuk menghindari ada cairan yang terciprat. Masukan cairan ini pada tangki, diamkan beberapa lama, kemudian kocok dan buang cairanya.

6. Keringkan tangki bahan bakar

Setelah dirasa tangki bersih dari karat. Langkah berikutnya adalah keringkan tangki bahan bakar dengan menggunakan kain dan kompresor hingga tidak ada sisa bahan bakar ataupun cairan asam klorida yang tersisa. Kamu dapat menyemprotkan udara bertekanan tinggi ke dalam tangki.

Setiap cairan yang keluar, sebaiknya kamu tampung dengan kain. Setelah itu, kamu bisa melakukan proses ini berulang-ulang hingga tangki benar-benar kering.

7. Pasang tangki dan komponen lainnya

Setelah kering dan bersih, kamu dapat memasang kembali tangki dan komponen lainnya ke bodi motor seperti semula. Pada saat pemasangan pastikan untuk melakukannya dengan teliti, jangan sampai ada komponen yang tertinggal.

8. Isi bahan bakar atau bensin yang bersih hingga penuh

Jika semua sudah terpasang, kamu bisa masukan bahan bakar bersih yang masih tersisa. Karena bahan bakar yang tersisa ini tidak mungkin dapat memenuhi tangki, maka kamu harus menambahnya dengan bahan bakar baru hingga penuh.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini