Bikin Geleng-geleng Kepala, Ini 5 Kebiasaan Buruk Pengendara Motor Seharusnya Dihindari, Jangan Dicontoh!

Annisa Fadhilah
Senin 28 Agustus 2023, 18:35 WIB
Iliustrasi mengendarai motor (Sumber : freepik)

Iliustrasi mengendarai motor (Sumber : freepik)

LABVIRAL.COM - Sebagai individu yang menggunakan sepeda motor, kita memiliki kewajiban untuk mematuhi semua aturan berkendara guna mencapai keselamatan dalam perjalanan, serta menciptakan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman.

Namun, beberapa kebiasaan pengendara motor yang membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain masih sering dijumpai di jalanan.

Berikut LabViral.com mengulas kebiasaan-kebiasaan buruk para pengendara sepeda motor yang perlu dihindari. Mengingat banyaknya pengendara yang masih melakukan kebiasaan-kebiasaan ini, atau bahkan kita sendiri.

Baca Juga: LRT Jabodebek Bakal Diresmikan Presiden Jokowi, Begini Cara Aksesnya dari Stasiun Gambir dan Stasiun Senen

Dengan memahami beberapa kebiasaan buruk ini, sebagai pengendara kendaraan bermotor, kamu akan menjadi lebih berhati-hati, mendorong tercapainya keselamatan dalam berkendara serta memberikan pengalaman berkendara yang nyaman.

Di bawah ini, berikut lima kebiasaan buruk pengendara motor yang sebaiknya dihindari.

1. Menempatkan jari pada tuas rem secara terus-menerus

Banyak pengemudi motor melakukan kebiasaan ini dengan keyakinan bahwa mereka akan lebih siap saat melakukan pengereman mendadak. Namun, tindakan ini sebenarnya tidak diinginkan karena pengereman tiba-tiba, terutama saat motor sedang dalam kecepatan tinggi, dapat menyebabkan tergelincirnya roda belakang. Selain itu, risiko kecelakaan berantai juga dapat meningkat.

Baca Juga: Biaya, Lokasi dan Cara Uji Emisi Kendaraan Motor dan Mobil

Untuk menjaga keamanan, disarankan untuk tidak selalu menempatkan jari pada tuas rem. Ini memungkinkan pengereman yang lebih efektif dan terkendali.

2. Mematikan mesin dengan fitur side stand switch

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini