Bedanya Ban Tubeless dan Ban Tubetype, Kenali Dulu Sebelum Salah Pasang dan Nyesel!

Annisa Fadhilah
Rabu 30 Agustus 2023, 22:40 WIB
Bedanya Ban Tubeless dan Ban Tubetype, Kenali Dulu Sebelum Salah Pasang dan Nyesel! (FOTO: Freepik)

Bedanya Ban Tubeless dan Ban Tubetype, Kenali Dulu Sebelum Salah Pasang dan Nyesel! (FOTO: Freepik)

LABVIRAL.COM - Salah satu komponen yang tak kalah penting selain mesin pada sepeda motor adalah ban. Ban motor memiliki fungsi mendasar sebagai perantara antara kendaraan dan permukaan jalan yang dilalui.

Melalui kontak ban dengan jalanan, tenaga yang dihasilkan oleh mesin dapat disalurkan dengan efisien. Oleh karena itu, pemilihan jenis ban yang tepat sangat berpengaruh pada kinerja keseluruhan motor saat berada di jalanan.

Dalam kaitannya dengan performa berkendara, ban memainkan peran yang signifikan. Ban yang cocok dapat memberikan kenyamanan serta efisiensi dalam penggunaan motor.

Baca Juga: Tips Mudah bagi Pengendara Mobil Pemula Lewati Polisi Tidur

Secara garis besar, ban motor dibagi menjadi dua jenis yaitu ban tubeless dan ban tubetype (sering juga disebut sebagai ban konvensional).

Pembedaan ini terutama berdasarkan pada cara ban dipasang pada velg. Ban tubeless sering diaplikasikan pada motor dengan ukuran ban besar, seperti motor sport atau adventure.

Sementara ban tubetype lebih umum ditemukan pada motor bebek atau matic. Namun selain dari sisi pemasangan pada velg, terdapat beberapa perbedaan mendasar lainnya antara kedua jenis ban ini.

Berikut 6 perbedaan antara ban tubeless dan tubetype, yang perlu kamu ketahui:

Kontruksi ban

Satu perbedaan utama terletak pada konstruksi ban itu sendiri. Ban tubeless dirancang dengan konstruksi yang lebih kuat, meskipun tidak menggunakan ban dalam. Sebenarnya, ban tubeless memiliki beberapa lapisan yang bekerja secara sinergis.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini