Kenali Fungsi dan Cara Kerja Airbag Mobil, Agar Maksimal Berikan Perlindungan Saat Kecelakaan

Annisa Fadhilah
Senin 04 September 2023, 19:25 WIB
Kenali Fungsi dan Cara Kerja Airbag Mobil, Agar Maksimal Berikan Perlindungan Saat Kecelakaan (FOTO: Freepik/Standret)

Kenali Fungsi dan Cara Kerja Airbag Mobil, Agar Maksimal Berikan Perlindungan Saat Kecelakaan (FOTO: Freepik/Standret)

LABVIRAL.COM - Airbag mobil tersedia untuk menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang. Berbagai jenis kecelakaan sering menjadi hingga penyebab benturan keras pada bodi mobil. Itulah sebabnya, airbag dirancang untuk mengembang dan bertindak sebagai pelindung saat terjadi benturan.

Meskipun banyak orang hanya mengandalkan sabuk pengaman sebagai alat pelindung saat mengemudi, penting untuk diingat bahwa fitur keselamatan telah berkembang pesat, salah satunya adalah airbag mobil.

Baca Juga: Perbedaan Sepeda Listrik dan Motor Listrik yang Harus Kamu Tahu, Jangan Sampai Salah!

Sayangnya, masih banyak pengemudi dan penumpang mobil yang tidak menyadari keberadaan airbag dalam kendaraan mereka.

Seperti yang sudah dikenal, airbag mobil adalah komponen penting dalam perlindungan pengemudi. Komponen ini ditambahkan sebagai tambahan untuk melengkapi kebutuhan pengemudi, terutama dalam menghadapi benturan.

Ada pendapat yang menyebutkan bahwa airbag adalah inovasi baru dalam melindungi area vital pengemudi. Komponen keselamatan ini biasanya terletak di jok depan mobil, tempat benturan sering terjadi pada tubuh pengemudi.

Fungsi airbag mobil

Airbag adalah alat pelindung diri yang utamanya dirancang untuk melindungi pengemudi, terutama saat terjadi benturan dalam perjalanan. Posisinya di bagian depan mobil memastikan perlindungan maksimal terhadap organ-organ vital. Dalam kasus kecelakaan yang menghasilkan benturan keras, airbag melindungi organ-organ vital seperti kepala, leher, dan dada.

Baca Juga: Tarikan Gas Sepeda Motormu Berat? Begini Cara mengatasinya

Pada beberapa mobil, airbag telah ditingkatkan hingga mencakup seluruh panel bodi mobil, agar memberikan tingkat keamanan yang lebih baik bagi pengemudi dan penumpang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini