6 Tips Mengendarai Motor Trail Bagi Pengendara Pemula, Kotor tapi Seru Banget

Annisa Fadhilah
Rabu 13 September 2023, 06:00 WIB
6 Tips Mengendarai Motor Trail Bagi Pengendara Pemula, Kotor tapi Seru Banget (FOTO: Freepik)

6 Tips Mengendarai Motor Trail Bagi Pengendara Pemula, Kotor tapi Seru Banget (FOTO: Freepik)

LABVIRAL.COM - Mengendarai motor trail adalah salah satu aktivitas ekstrem yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Mulai dari sekadar melaju di jalanan perkotaan, melakukan perjalanan wisata ke luar daerah, hingga menantang medan offroad di alam liar.

Meski mengendarai motor trail memungkinkan untuk menikmati pemandangan, pengalaman mengendarai motor trail langsung di alam bebas memiliki sensasi tersendiri.

Namun, setiap tempat memiliki karakteristik berbeda. Oleh karena itu, cara mengendarainya juga harus disesuaikan. Terutama bagi pemula yang ingin menjelajahi atau menguasai seni mengendarai motor trail, ada enam tips penting yang perlu diperhatikan. Berikut ini Labviral.com memberikan 6 tips mengendarai motor trail untuk pemula:

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Rem Tromol yang Masih Banyak Digunakan Sepeda Motor

1. Pilih motor trail yang sesuai

Sebelum memulai perjalanan, pemilihan sepeda motor sangat krusial. Jika kamu berencana untuk menikmati alam dengan motor trail, sebaiknya pilih yang bersifat dual purpose. Jenis motor ini dapat digunakan baik untuk keperluan sehari-hari, maupun untuk menjelajah medan offroad.

Baca Juga: 8 Makanan yang Wajib Dikonsumsi untuk Meningkatkan Konsentrasi Selama Mengemudi, Makan Biar Makin Konsen Nyetir

2. Gunakan body protector

Keselamatan pribadi adalah hal yang sangat penting dalam mengendarai motor trail. Selain memberikan rasa nyaman, penggunaan body protector pada bagian vital tubuh sangat dianjurkan. Minimal, gunakan pelindung lutut dan siku, sepatu dengan tinggi yang cukup, jaket, helm dan sarung tangan.

3. Menguasai teknik dasar

Seorang pengendara motor trail harus memiliki pengetahuan dasar dan stamina yang memadai sebelum memasuki alam terbuka. Posisi tubuh saat berkendara harus diperhatikan dengan seksama, mengingat banyak dari mereka yang ingin menaklukkan medan offroad di pegunungan, namun posisi tubuhnya seolah-olah sedang berkendara di jalan raya.

Baca Juga: Guys, Motormu Akan Sulit Dicuri Jika Kamu Ikuti Langkah Efektif Terhindar dari Curanmor Ini

4. Bergabung dengan komunitas

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini