Kelebihan dan Kekurangan Rem Tromol yang Masih Banyak Digunakan Sepeda Motor

Yowan R
Selasa 12 September 2023, 17:31 WIB
Ilustrasi sepeda motor dengan rem tromol (Sumber : trialgame.id)

Ilustrasi sepeda motor dengan rem tromol (Sumber : trialgame.id)

LABVIRAL.COM - Rem merupakan sebuah komponen pada sepeda motor yang memiliki peran sangat penting. Rem ini bekerja untuk mengatur kecepatan laju sepeda motor dan berfungsi sebagai peralatan keselamatan dalam berkendara.

Rem yang digunakan pada sepeda motor, umumnya ada dua jenis, yaitu rem tromol (drum brake) dan rem cakram (disc brake) yang keduanya memiliki sistem kerja yang berbeda.

Nah, pada artikel kali ini Labviral.com akan memberikan penjelasan mengenai rem tromol yang sering digunakan di sepeda motor beserta kelebihan dan kekurangannya.

Penasaran apa itu rem tromol serta kelebihan dan kekurangannya? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini:

Rem tromol sepeda motor memiliki cara kerja dengan menggesekan kampas rem pada tuas drum saat diregangkan dengan tromol. Pada sepeda motor matic, rem tromol yang terletak di belakang dioperasikan menggunakan tuas rem. Sementara pada sepeda motor bebek dan sport yang menggunakan rem tromol di roda belakang, mengoperasikannya menggunakan pedal rem yang terletak di sebelah kanan bawah.

Kelebihan rem tromol

1. Tidak mudah terkena kotoran dan debu

Karena letaknya yang berada di dalam, maka tromol menjadi tidak mudah disusupi debu ataupun kotoran sehingga kinerjanya tidak akan terganggu.

2. Sistem rem yang mudah dan murah

Dari cara kerjanya, sistem rem tromol ini sangat mudah dan simpel. Namun dengan kinerja yang powerful mampu menghentikan laju kendaraan. Selain mudah, rem tromol juga murah pada setiap komponen nya (kampas), motor yang menggunakan rem tromol juga lebih murah dibandingkan yang menggunakan rem cakram.

3. Kinerja pengereman yang Lembut

Berbeda dengan rem cakram yang ganas karena akurasinya tinggi, rem tromol menghasilkan pergerakan penghentian/perlambatan yang lebih perlahan atau lembut.

4. Mampu menahan beban Besar

Sistem rem ini dikenal bisa menahan beban berat dan besar, terbukti kendaraan roda empat seperti Bus dan Truk juga menggunakan rem tromol.

5. Rem tromol lebih awet

Rem tromol ini cenderung lebih awet dibandingkan dengan rem cakram. Sebab, rem tromol memiliki kontak sepatu rem dan tromol yang besar, maka daya pengereman tersebar lebih luas dan bisa membuat rem tromol bertahan lebih lama dibandingkan rem cakram dengan diameter serupa.

Kekurangan Rem Tromol

1. Rem tidak terlalu pakem

Karena penghetianya yang hanya menggunakan sistem gesekan dan bukan cengkraman (cakram) tentu hasil pengeremanya tidak terlalu pakem dan instan, tidak seperti rem cakram.

2. Penggantian kampas relatif lebih lama dan rumit

Tidak seperti rem cakram yang tidak perlu mencopot as roda dan membuka drum untuk mengganti kampas, di rem tromol penggantian kampas relatif lebih membutuhkan waktu yang lama dibandingkan rem cakram, yang dimana rem cakram tinggal mencopot baut kaliper.

3. Bentuk yang kurang menarik

Aspek keindahan berkurang jika menggunakan rem tromol (relatif), disana ada tuas yang mengganggu objek mata melihat bulatnya ban, berbeda dengan rem cakram yang pastinya lebih enak dipandang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini