Yuk, Pelajari Teknik Berbelok yang Benar untuk Motor Matic Biar Gak Nabrak dan Jatuh

Annisa Fadhilah
Rabu 13 September 2023, 17:04 WIB
Yuk, Pelajari Teknik Berbelok yang Benar untuk Motor Matic Biar Gak Nabrak dan Jatuh (FOTO: Adira.co,id)

Yuk, Pelajari Teknik Berbelok yang Benar untuk Motor Matic Biar Gak Nabrak dan Jatuh (FOTO: Adira.co,id)

LABVIRAL.COM - Menguasai seni mengendarai motor bukanlah perkara yang sepele. Terdapat teknik-teknik khusus yang wajib diperhatikan.

Meski pada dasarnya, mengendarai motor matic cukup sederhana karena cukup menginjak gas, lalu jalan. Oleh karena itu, mengoperasikan kendaraan tidaklah terlalu sulit, tapi perlu adanya pemahaman mendalam akan berbagai aspek teknis dan praktis dalam berkendara.

Ketika hendak melakukan belokan, sebenarnya ada kiat-kiat tersendiri yang perlu diperhatikan bagi pengguna motor matic. Baik bagi mereka yang sudah terampil maupun yang masih pemula, penting untuk memperbarui pengetahuan ini.

Baca Juga: Paling Mahal Rp2,2 Miliar, Berikut Deretan Sepeda Motor Listrik Termahal di Dunia

Mari, Labviral.com berikan apa saja yang sebaiknya diperhatikan dan dipelajari ulang dalam berbelok ini:

1. Arah pandang

Pertama-tama, fokus arah pandang sangatlah penting saat hendak berbelok. Pastikan mata kamu tidak melayang terlalu jauh ke depan. Lebih utama lagi, jangan terlibat dengan gawai atau handphone. Arah pandangan yang terpusat ke depan, diselingi dengan sesekali memeriksa kaca spion, akan memberikan rasa aman ketika melakukan belokan.

2. Posisi badan saat menikung

Posisi badan juga memegang peran besar dalam keselamatan belokan. Sesuaikan posisi tubuh dengan arah belokan, yakni miring ke kiri ketika belok kiri dan sebaliknya untuk belok kanan.

Baca Juga: Daftar Harga Yamaha XSR 155 September 2023, Motor Sport Bergaya Retro Modern dengan Fitur Canggih

Menghindari posisi badan yang berlawanan arah dari tikungan sangatlah penting, karena dapat mengganggu keseimbangan saat berkendara. Saat berbelok, tidak perlu memiringkan tubuh secara berlebihan seperti yang dilakukan pembalap profesional di arena balap MotoGP. Hal yang terpenting adalah mempertahankan keseimbangan dan posisi tubuh yang wajar.

3. Perlambat kecepatan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini