3 Metode Perawatan Kaca Spion Agar Selalu Kinclong dan Berfungsi Baik

Annisa Fadhilah
Rabu 13 September 2023, 18:30 WIB
3 Metode Perawatan Kaca Spion Agar Selalu Kinclong dan Berfungsi Baik (FOTO: Wahanahonda.com)

3 Metode Perawatan Kaca Spion Agar Selalu Kinclong dan Berfungsi Baik (FOTO: Wahanahonda.com)

LABVIRAL.COM - Kaca spion merupakan inovasi penting yang diciptakan untuk memudahkan pengendara motor melihat sudut pandang yang sulit dijangkau saat berkendara. Fungsinya tak terbantahkan dalam membantu pengendara saat berbelok, melakukan manuver mundur, parkir, atau bahkan saat beralih jalur di jalan raya.

Oleh karena itu, peran kaca spion dalam keselamatan berkendara sangatlah vital dan membutuhkan perawatan, agar senantiasa bersih dan jernih. Hal ini penting karena saat melihat ke kaca spion, pengendara harus memperoleh gambaran yang tajam dan jelas dari sudut pandang sekitar.

Spion merupakan bagian integral dari konstruksi motor, terletak pada kedua sisi setang. Karenanya, kaca spion seringkali terpapar oleh sinar matahari, debu jalanan, hujan serta kelembaban udara.

Baca Juga: Paling Mahal Rp2,2 Miliar, Berikut Deretan Sepeda Motor Listrik Termahal di Dunia

Faktor-faktor ini dapat menyebabkan spion motor menjadi kusam dan bahkan mengalami pertumbuhan jamur. Kondisi ini dapat berdampak langsung dan tidak langsung terhadap keselamatan pengendara, karena mengganggu fungsi utamanya.

Untuk memastikan kaca spion motor tetap bersih, terjaga dari noda dan jamur, serta mengkilap, diperlukan langkah-langkah perawatan tertentu. Berikut Labviral.com berikan 3 metode untuk merawat kaca spion motor:

1. Menggunakan pasta gigi

Pasta gigi terbukti menjadi solusi efektif untuk mengatasi masalah jamur pada kaca. Penggunaannya pun cukup sederhana. Pertama-tama, oleskan pasta gigi secara merata di seluruh permukaan kaca spion.

Baca Juga: Daftar Harga Yamaha XSR 155 September 2023, Motor Sport Bergaya Retro Modern dengan Fitur Canggih

Selanjutnya, gosoklah dengan lembut menggunakan kain lembut untuk menghindari risiko goresan. Setelah mengkilap, bilas dengan air bersih, dan keringkan permukaan kaca spion dengan lap hingga benar-benar kering.

2. Rendaman tembakau

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Spion Mobil Juga Butuh Dirawat Boskyu!

Minggu 26 Maret 2023, 19:27 WIB
Spion Mobil Juga Butuh Dirawat Boskyu!
Berita Terkini