Tips Pasang Box Motor yang Benar, Awas Jangan Sampai Salah!

Yowan R
Kamis 21 September 2023, 21:27 WIB
Ilustrasi box motor yang terpasang dengan benar (Sumber : givi.co.id)

Ilustrasi box motor yang terpasang dengan benar (Sumber : givi.co.id)

LABVIRAL.COM - Untuk memasang box di sepeda motor untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan tingkat keamanan yang tinggi, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Sebab, tak sedikit para pemilik sepeda motor yang sering menggunakan box motornya secara berlebihan. Maksudnya, box sering digunakan untuk mengangkut barang dengan beban yang melampaui rekomendasi penggunaan.

Kondisi ini tentunya akan mengganggu kenyamanan dan keamanan pengendaranya sendiri. Terlebih, jika boxnya dipasang tidak sesuai dengan anjuran dari pabrikan. Tentu saja dapat mengganggu pengendara sendiri dan pengendara lain.

Karena itu, pemasangan box yang benar sangat diperlukan, demi menjaga keamanan dan kenyamanan si pengendara.

Penasaran bagaimana cara pemasangan box untuk sepeda motor yang benar? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Pilih box sesuai kemampuan motor

Sebelum memasang box motor, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih box yang sesuai dengan kemampuan motor. Memilih ukuran box yang sesuai akan menjaga kenyamanan dan keamanan ketika berkendara. Sementara menggunakan box yang terlalu besar berisiko mengganggu pengendalian motor.

Saat ini, di pasaran sendiri sudah banyak ragam box motor yang ditawarkan. Tiap-tiap model menonjolkan desain yang menarik dan gagah, sekaligus keunggulan fungsinya. Selain itu, produsen box motor juga menawarkan produknya dalam berbagai ukuran.

2. Hindari menggunakan box motor yang melebihi dimensi motor

Menggunakan box di sepeda motor yang berukuran besar, sebenarnya bukanlah hal yang salah asalkan kemampuan motornya memadai. Meskipun demikian, ada baiknya untuk tetap menerapkan aturan agar keamanan tetap terjaga.

Salah satu aturan untuk menggunakan box motor adalah tidak melebihi dimensi motor. Sebab panjang stang motor menjadi acuan bagi pengendara untuk menentukan ukuran motornya. Terutama ketika ingin menyalip atau melintasi kepadatan lalu-lintas. Ukuran box motor yang terlalu besar berpotensi menyenggol kendaraan lain di sekitar atau bahkan mengganggu pengguna jalan lain.

Selain itu, box motor yang tidak melebihi dimensi juga berfungsi agar tinggi box motor tidak melampaui pundak pengemudi. Pemasangan box motor yang terlalu tinggi akan mengganggu pandangan pengguna jalan lain di belakang.

3. Gunakan bracket yang berkualitas

Pemilihan bracket untuk box motor pastinya juga tak kalah penting. Pastikan untuk menggunakan bracket di box motor yang berkualitas.Kekuatan bracket menahan box motor harus benar-benar diperhatikan. Sebab, bracket tersebut tak hanya menahan box motornya, tapi juga muatan di dalamnya.

4. Pilih box yang bermerek

Pastikan box motor yang akan dibeli harus bermerek atau paling tidak memiliki keunggulan dalam hal durability dan kualitas. Jangan sampai tergiur membeli box motor dengan alasan harganya murah.

Sebab, harga akan membawa kualitas box. Box yang memiliki kualitas tinggi tentunya akan jauh lebih tahan lama dan lebih aman.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini