Tanda-tanda Komstir Motor Sudah Rusak dan Perlu Diganti

Yowan R
Sabtu 23 September 2023, 15:45 WIB
Ilustrasi komstri sepeda motor (Sumber : youtube.com/ariesta gentar)

Ilustrasi komstri sepeda motor (Sumber : youtube.com/ariesta gentar)

LABVIRAL.COM - Saat mengendarai sepeda motor, tingkat kenyamanan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan selain dari tingkat keselamatan. Sebab, saat motor yang dikendarai tidak terasa nyaman tentunya aktivitas berkendara akan terkendala.

Salah satu komponen sepeda motor yang sangat berpengaruh dengan tingkat kenyamanan dalam berkendara adalah komstir. Komponen ini berperan penting untuk handling atau pengendalian sepeda motor. Komstir sendiri, posisinya ada pada bagian sumbu antara segitiga triple clamp dan rangka sepeda motor.

Saat komstir motor mulai bermasalah, pengendalian sepeda motor akan menjadi tidak nyaman, bahkan dapat mempengaruhi keselamatan pengendara. Karena itu, para pengendara sepeda motor harus tahu apa saja tanda-tanda yang biasanya muncul saat komstir motor sudah perlu diganti.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak tanda-tanda komstir motor perlu diganti seperti berikut ini.

  • Stang terasa berat saat bermanuver atau berbelok, terasa kaku dan sulit dikendalikan.
  • Stang tidak stabil dan bergoyang saat dikendarai terutama saat dibawa di kecepatan tinggi.
  • Getaran terasa berlebihan di bagian stang kemudi.
  • Saat motor di bawa ke jalan rusak atau polisi tidur terdapat suara jeduk, dan terasa oblak.
  • Rem terasa tidak pakem.

Komstir yang rusak dan perlu diganti ini dapat terjadi karena berbagai macam faktor, baik dari usia pakai yang sudah terlalu lama, atau bisa juga terjadi karena kualitas material komstir yang sudah buruk ataupun memang karena kurang perawatan.

Sebagai informasi, komstir sepeda motor ini berbentuk bola-bola besi dan tertutup mangkuk. Mangkuk atas bawah komstir ini disatukan langsung dengan bagian rangka. Agar tidak mudah berkarat dan terhindar dari kotoran yang menjadi penyebab kerusakan, komstir harus dilumasi dengan grease atau gemuk.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini