Benarkah Kunci Stang ke Kanan Bisa Cegah Pencurian Motor?

Yowan R
Senin 25 September 2023, 18:44 WIB
Ilustrasi aksi pencurian sepeda motor di lokasi yang sepi (Sumber : instagram.com/binjaihitz)

Ilustrasi aksi pencurian sepeda motor di lokasi yang sepi (Sumber : instagram.com/binjaihitz)

LABVIRAL.COM - Mengunci stang motor dan mengarahkannya ke arah kanan, diyakini dapat mencegah terjadinya aksi pencurian. Namun, cara ini sebenarnya masih banyak yang mempertanyakan keampuhannya.

Bahkan, ada pelaku curanmor yang telah melakukan aksi pencuriannya sejak dirinya berusia 17 tahun. Dalam video yang dibagikan oleh Humas Polsek Tambora, melalui akun Instagram, pelaku tersebut memastikan tidak ada bedanya motor di kunci stang ke arah kanan atau kiri.

“Kalau bedanya kunci stang ke kiri dan ke kanan itu sebenarnya sama saja kita ngambilnya, sama-sama enak. Cuma agak susah, nyangkut sedikit doang kalau setang kanan itu,” kata pelaku seperti dikutip dari unggahan video Humas Polsek Tambora.

Saat stang motor dikunci ke arah kanan, maka posisi lubang stop kontak akan terhalang yang diharapkan dapat mencegah pencurian. Namun, berdasarkan penuturan pelaku hal tersebut ternyata hanya sebatas mitos saja. Sebab, masih dapat dibobol oleh para pelaku curanmor dengan mudah.

Para pelaku curanmor, umumnya melakukan aksinya menggunakan kunci T atau sering disebut juga dengan kunci letter T yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Dengan kunci tersebut, para pelaku akan membobol kunci sepeda motor targetnya.

Namun, biasanya para pelaku pencurian sepeda motor ini akan menghindari sepeda motor yang dikunci stang. Sebab, motor dengan kunci stang atau kunci ganda ini akan memakan waktu yang sedikit lebih lama daripada motor yang tidak di kunci ganda.

Jadi, pada intinya sepeda motor yang dikunci stang ke kanan bukan berarti dapat mencegah aksi pencurian sepeda motor. Hanya saja sedikit lebih sulit untuk diakses kuncinya, jadi terkadang pelaku menghindari mengincar motor dengan stang terkunci ganda ke kanan, karena aksinya akan membutuhkan waktu yang lebih lama.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini