Cara Merawat Motor yang Benar Setelah Terendam Banjir, Wajib Baca yang Pernah Nyebur

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 31 Maret 2023, 10:03 WIB
Saat motor dipaksa untuk dihidupkan sekalipun itu bisa hidup, akan ada efek samping pada motor, contohnya terjadi korsleting arus listrik.

Saat motor dipaksa untuk dihidupkan sekalipun itu bisa hidup, akan ada efek samping pada motor, contohnya terjadi korsleting arus listrik.

LABVIRAL.COM, Belum lama ini wilayah Kota Semarang dan wilayah Pantura dilanda banjir karena laut mengalami pasang naik atau rob. Akibatnya banyak kendaraan seperti sepeda motor yang terendam karena belum sempat dievakuasi, terutama di daerah Pelabuhan Tanjung Mas yang terdampak parah.

Sepeda motor yang sudah terendam banjir tentunya tidak boleh dibiarkan begitu saja. Selain itu, jangan mencoba menghidupkan mesin motor setelah motor terendam banjir. Saat motor dipaksa untuk dihidupkan sekalipun itu bisa hidup, akan ada efek samping pada motor, contohnya terjadi korsleting arus listrik.

Motor yang terendam banjir tentunya perlu mendapatkan perawatan terlebih dahulu sebelum digunakan. Berikut ini Labviral.com sudah merangkum bagaimana merawat sepeda motor setelah terendam banjir yang benar:

Baca Juga: Perhatikan Ketinggian Air, Hati-hati Bawa Motor Saat Banjir

1. Bersihkan Motor

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mencuci sepeda motor dengan air bersih serta sabun. Hal ini bertujuan untuk menghindari korosi atau karat akibat air laut yang bersifat korosif.

2. Periksa Kelistrikan Motor

Jangan langsung menghidupkan main switch atau kunci kontak. Pastikan jalur kabel atau rumah sekring kering dan bersih dari kotoran atau karat.

3. Ganti Oli Mesin dan Oli Gardan

Penggantian oli mesin dan oli gardan perlu dilakukan setelah motor terendam banjir, karena bisa jadi oli sudah terkontaminasi dengan air, jika perlu dilakukan overhaul mesin untuk membersihkan bagian dalam mesin.

Baca Juga: Cara Cepat Tangani Motor yang Terendam Banjir

4. Periksa Saringan Udara

Selanjutnya kamu bisa memeriksa kondisi filter udara, dan jika memang terendam ganti filter udara dengan yang baru.

5. Periksa Busi dan Cop Busi

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini