Agar Tidak Rugi! Berikut Tips Membeli Motor Secara Kredit

Aci
Kamis 27 April 2023, 22:58 WIB
Agar Tidak Rugi! Berikut Tips Membeli Motor Secara Kredit (Sumber : Instagram.com/yamaha.nmax.gallery)

Agar Tidak Rugi! Berikut Tips Membeli Motor Secara Kredit (Sumber : Instagram.com/yamaha.nmax.gallery)

LABVIRAL.COM- Membeli motor secara kredit, menjadi pilihan banyak orang untuk memiliki motor dengan budget yang tidak besar pada awalnya. Karena proses pembayaran dilakukan dengan cara mencicil sesuai waktu yang telah disepakati.

Saat ini semua leasing ataupun dealer motor menyediakan sistem kredit untuk pembelian motor. 

Tapi tahukah kamu, saat ingin membeli motor secara kredit ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut, agar kamu tidak merugi. Yuk disimak hal-hal yang harus kamu lakukan saat ingin membeli motor secara kredit. Berikut Labviral.com uraikan!

Baca Juga: Cara Atasi Motor Mogok Mendadak Selain Kehabisan Bensin

Pastikan angka angsuran tepat

Saat kamu hendak membeli motor, perhatikan angka angsuran yang ditawarkan pihak motor sesuai dengan kesanggupan kamu. 

Pada umumnya, hampir semua pihak motor menawarkan angsuran berdasarkan DP yang dibayarkan di awal. 

Untuk itu saat negosiasi terkait pembayaran DP pastikan untuk pembayaran angsurannya kamu mendapatkan angka yang benar kamu sanggupi, agar tidak terjadi kendala di ke depan harinya. Mengingat proses kamu masih panjang. 

Baca Juga: Tips Menjual Motor Bekas Agar Cepat Laku dengan Harga Tinggi

Pilih lembaga pembiayaan yang kredibel

Untuk pembelian motor secara kredit biasanya pihak motor sudah menyediakan lembaga pembiayaan, adapun jika kamu sudah mempunyai lembaga pembayaran sendiri pastikan lembaga yang kamu gunakan merupakan lembaga yang kredibel sudah terpercaya dan jelas legalitasnya. 

Begitupun lembaga pembiayaan yang ditawarkan pihak dealer, pastikan lembaga pembayaran tersebut kamu ketahui dengan jelas. 

Salah memilih lemb

Baca Juga: Apa Itu PGM-FI di Motor Honda?

aga pembayaran tentunya akan berakibat fatal untuk proses kedepannya.

Pada umumnya lembaga pembiayaan yang kredibel sudah menyertakan asuransi yang berfungsi untuk melindungi kendaraan kami, baik itu dari risiko kecelakaan ataupun pencurian.

Perhatikan persyaratan kredit

Saat kamu sudah menemukan lembaga pembayaran yang kamu percaya, ingat ya jangan langsung tanda tangan. Perhatikan setiap persyaratan yang diajukan pihak lembaga ataupun dealer motor. 

Untuk itu kamu wajib membaca dengan teliti syarat kredit dari pihak lembaga pembiayaan. Biasanya, syarat-syarat ini mencakup asuransi, jumlah cicilan, denda yang harus dibayar saat terjadi keterlambatan, dan sejumlah syarat lainnya, termasuk saat kredit kamu macet.

Baca Juga: Harapan Netizen ke Praka ANG yang Tendang Pemotor Wanita, Semoga Dikirim ke Papua Buat Tendang KKB

Pilihlah tenor kredit yang tepat

Biasanya pihak lembaga pembiayaan akan menawarkan tenor hingga 35 bulan atau sekitar 3 tahun. Perhitungannya, makin lama tenor cicilan, makan kecil pula jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan tiap bulannya. 

Tapi kalau sanggup, sebaiknya pilih tenor kredit singkat saja. Alasannya, makin panjang tenor cicilan yang dipilih, otomatis bunga yang harus kamu bayar pun semakin besar. Tapi kembali lagi, sesuaikan dengan kesanggupan kamu ya!

 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait
Tech

Apa Itu PGM-FI di Motor Honda?

Rabu 26 April 2023, 15:03 WIB
Apa Itu PGM-FI di Motor Honda?
Berita Terkini