7 Cara Mudah Mengatasi Masalah Lagu di Spotify yang Terus Menjeda

Yowan R
Kamis 04 Mei 2023, 13:31 WIB
Illustrasi logo Spotify (Sumber : spotify.com)

Illustrasi logo Spotify (Sumber : spotify.com)

LABVIRAL.COM - Spotify merupakan salah satu platform pemutar musik yang cukup populer dan memiliki begitu banyak pengguna. Aplikasi pemutar musik dengan ciri khas warna hijau tersebut memang memiliki fitur yang cukup banyak untuk menikmati musik setiap hari.

Pengguna Spotify bahkan bisa mendengarkan lagu favorit mereka secara offline sekalipun asalkan lagu yang mereka dengarkan sudah terdownload dalam aplikasi Spotify. Meskipun demikian, ada kalanya Spotify ini mengalami masalah.

Baca Juga: Chord dan Lirik Lagu The Scientist dari Grup Musik Rock Coldplay Ini Bisa Banget Kamu Mainin Loh!

Apa pernah kamu mengalami masalah saat mendengarkan musik di Spotify seperti tiba-tiba lagunya berhenti sendiri atau terjeda beberapa detik?

Kondisi ini sebenarnya disebabkan oleh cukup banyak hal. Mulai dari koneksi internet yang lambat, cache yang menumpuk pada aplikasi Spotify, hingga pengguna belum melakukan update aplikasi Spotify.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi agar lagu yang diputar melalui Spotify tetap berjalan lancar?

1. Periksa koneksi internet

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi lagu di Spotify yang terus menjeda bisa dilakukan dengan memeriksa koneksi internet. Sebab, kondisi tersebut bisa terjadi karena koneksi internet yang kurang stabil atau lemot. Kamu bisa memeriksa koneksi internet dengan cara mematikan dan menyalakan penggunaan data atau mengganti internet seluler dengan jaringan WiFi.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet di HP Android, Nggak Pakai Install Aplikasi Lho!

2. Hapus cache/data

Cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah menghapus cache atau data pada aplikasi Spotify. File cache yang sudah lama tidak dibersihkan terkadang membuat aplikasi tidak berjalan dengan lancar. Untuk membersihkan cache Spotify di ponsel Android ikuti langkah berikut ini:

Baca Juga: Dampak Menghapus Cache dan Data Aplikasi Agar Kinerja Laptop Lancar Terus

  • Buka “Pengaturan”
  • Pilih “Aplikasi”
  • Klik “Kelola Aplikasi”
  • Pilih “Spotify”
  • Klik “Hapus Data” dan pilih “Bersihkan Cache”

3. Memperbaharui atau instal ulang aplikasi Spotify

Aplikasi Spotify dengan versi yang lama juga terkadang menyebabkan pemutaran lagu menjadi terhenti tiba-tiba. Untuk mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa memperbarui aplikasi Spotify ke versi terbaru atau melakukan instal ulang aplikasi Spotify.

4. Aktifkan fitur background data

Karena Spotify merupakan aplikasi yang diputar terus di latar belakang, maka saat kamu lupa tidak mengaktifkan data latar belakang untuk aplikasi Spotify, biasanya aplikasi akan mengalami error.

Untuk mengaktifkan data latar belakang di HP Android, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Buka menu “Pengaturan”
  • Pilih “Aplikasi”
  • Klik “Kelola Aplikasi”
  • Pilih “Spotify”
  • Klik “Penggunaan Data”
  • Geser toggle “Data latar belakang” ke kanan

5. Mainkan lagu dalam mode offline

Jika beberapa cara diatas sudah dilakukan namun pemutaran lagu terkadang masih terjeda, cara yang bisa kamu lakukan adalah memutar lagu di Spotify dengan mode offline.

Untuk memutar lagu offline di Spotify kamu bisa mendownload lagunya terlebih dahulu.

6. Keluar dari semua perangkat

Jika kamu membagikan akun Spotify yang digunakan dengan orang lain, maka ada kemungkinan penyebab lagu Spotify menjadi terjeda adalah penggunaan akun di perangkat lain.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa melakukan logout akun atau keluar akun dari semua perangkat yang menggunakan akun Spotify milikmu. Kemudian kamu bisa login menggunakan akun kembali.

7. Kosongkan penyimpanan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menangani masalah pemutaran lagu di Spotify yang terjeda. Kamu bisa mengosongkan penyimpanan pada HP Android yang kamu gunakan.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Realme C55 NFC, Baterai Jumbo Penyimpanan Luas!

Sebab, penyimpanan perangkat yang terlalu penuh bisa menjadi penyebab aplikasi Spotify tidak berjalan dengan baik. Kamu bisa melakukan cara ini dengan menghapus data atau menguninstal aplikasi yang sudah tidak diperlukan.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini