Contoh Kebijakan Moneter yang Punya Tujuan Untuk Menjaga Stabilitas Harga, Pertumbuhan Ekonomi, dan Menciptakan Lapangan Kerja

Ananta
Senin 07 Agustus 2023, 17:36 WIB
Contoh Kebijakan Moneter yang Punya Tujuan Untuk Menjaga Stabilitas Harga, Pertumbuhan Ekonomi, dan Menciptakan Lapangan Kerja (Sumber : freepik.com)

Contoh Kebijakan Moneter yang Punya Tujuan Untuk Menjaga Stabilitas Harga, Pertumbuhan Ekonomi, dan Menciptakan Lapangan Kerja (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COMKebijakan Moneter adalah salah satu instrumen yang digunakan oleh bank sentral suatu negara untuk mengendalikan jumlah uang beredar dan suku bunga dalam perekonomian.

Tujuan dari kebijakan moneter adalah untuk mencapai dan menjaga stabilitas harga, menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dan menciptakan lapangan kerja yang cukup.

Dalam pelaksanaannya, bank sentral mengatur jumlah uang yang beredar melalui penggunaan instrumen kebijakan moneter, seperti suku bunga, cadangan wajib, dan operasi pasar terbuka.

Contoh Kebijakan Moneter

Pengetatan Moneter (Tight Monetary Policy)

Pengetatan moneter adalah langkah yang diambil oleh bank sentral untuk mengurangi jumlah uang beredar dalam perekonomian dengan tujuan untuk menekan inflasi yang tinggi.

Salah satu contoh implementasi pengetatan moneter adalah dengan menaikkan suku bunga acuan. Ketika suku bunga acuan dinaikkan, pinjaman menjadi lebih mahal, sehingga mendorong konsumen dan perusahaan untuk mengurangi belanja dan investasi, mengurangi permintaan, dan akhirnya menurunkan inflasi.

Baca Juga: 41 Ayat Alkitab Perjanjian Lama untuk Ulang Tahun, Hidupmu Akan Penuh Berkat karena Abadi Kasih Setia Tuhan

Bank sentral juga dapat meningkatkan persyaratan cadangan wajib bagi bank-bank komersial untuk mengurangi likuiditas dan kredit yang tersedia di pasar.

Pelonggaran Moneter (Loose Monetary Policy)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Hype

Mengenal Sejarah Benua Eropa

Senin 07 Agustus 2023, 14:45 WIB
Mengenal Sejarah Benua Eropa
Berita Terkini