Pernah Bangkrut Bisnis Alkes, Begini Kisah Chairul Tanjung

Dian Eko Prasetio
Sabtu 18 Maret 2023, 11:05 WIB
Chairul Tanjung (Sumber : CTcorp.)

Chairul Tanjung (Sumber : CTcorp.)

LABVIRAL.COM - Perjalanan Chairul Tanjung dalam berbisnis dapat menjadi motivasi bagi yang ingin menjadi pengusaha. Chairul Tanjung adalah nahkoda Trans Corp (Trans TV dan Trans7).

Sebelum sukses, ternyata Chairul Tanjung pernah meminum pil pahit kehidupan. Dia pernah gagal dalam berbisnis.

Dalam autobiografinya, Chairul Tanjung pernah menjalankan bisnis fotokopi hanya untuk membiayai kuliahnya. Dia juga pernah menjalankan bisnis alat kesehatan dan bisnis sepatu.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Mobil VW Tiguan Allspace Camping Edition, Buat Kamu Pecinta Kemping

Berikut Labviral.com coba ulas beberapa bisnis yang penah dijalankan Chairul Tanjung sebelum sukses seperti saat ini;

1. Bisnis Fotokopi dan Tinggal di Losmen Kecil

Chairul Tanjung (CT) yang merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia ternyata pernah tinggal di losmen kecil akibat merosotnya ekonomi keluarganya.

Kondisi ini tidak membuat CT putus asa, dia justru memulai bisnis kecil-kecilan. Hasil yang didapatkan digunakannya untuk membiayai kuliahnya.

"Sebetulnya menjadi pengusaha bukan karena pendidikan atau keturunan orang kaya, melainkan kepaksaan untuk membiayai kuliah," paparnya saat menghadiri acara peluncuran bukunya pada tahun 2012 silam.

CT menceritakan, bisnis fotokopi dijalankan karena melihat peluang dan potensi keuntungan. Kala itu, dia melihat kebiasaan para mahasiswa untuk fotokopi dokumen.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini