Yuk Pahami Letak Benua Eropa, Secara Astronomi dan Geografis

Aci
Senin 07 Agustus 2023, 17:45 WIB
Letak Geografis Benua Eropa (Sumber : Istockphoto.com)

Letak Geografis Benua Eropa (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Benua Eropa merupakan sebuah  wilayah semenanjung besar yang membentang dari badan utama Eurasia ke arah barat, yang dinamai berdasarkan daratan yang terdiri atas Asia dan Eropa.

Secara Astronomi, Benua Eropa terletak pada letak astronomis 35° Lintang Utara – 71°06′ Lintang Utara dan 9°27′ Bujur Barat – 66°20′ Bujur Timur. Dikarenakan meridian pertamanya yang berada pada nol derajat, terdapat perubahan arah dari panjang barat ke timur.

Pada belahan Bumi utara dan wilayah barat serta timur, di sanalah Eropa terletak. Sebagai benua terkecil kedua di dunia setelah benua Australia. Wilayah benua Eropa sendiri mencakup area yang empat kali lebih kecil daripada Asia atau Amerika dan tiga kali lebih kecil dari Afrika, yakni 10 juta kilometer persegi. Meski begitu, Eropa merupakan benua terkaya di dunia yang mempunyai 47 negara.

Untuk lebih mengenal letak atau lokasi benua Eropa, berikut ini Labviral.com jabarkan letak geografis benua Eropa. Yuk disimak!

Baca Juga: Daftar Negara yang Ada di Benua Eropa Berdasarkan Wilayahnya

Letak Geografis Benua Eropa

Benua Eropa merupakan benua yang wilayahnya dianggap sebagai benua yang cukup penting secara historis, dan hal ini pula menyebabkan benua Eropa dianggap sebagai benua selama bertahun-tahun. Salah satu ciri paling mencolok dari benua Eropa ialah garis pantainya.

Semenanjung Eropa dibatasi oleh banyak semenanjung yang lebih kecil, utamanya seperti semenanjung Iberia, Skandinavia, Balkan, sampai Jutlandia. Bahkan, ada banyak pulau yang dianggap sebagai bagian dari benua meskipun terletak di laut lepas, seperti Inggris Raya, Sisilia, Islandia, Irlandia, Kreta, dan Korsika.

Pada bagian Barat benua Eropa ;langsung bersebelahan dengan Samudra Atlantik, Laut Mediterania di selatan, dan Laut Utara di utaranya. Benua Eropa juga punya koneksi terbuka ke Laut Hitam lewat Selat Dardanella dan Selat Istanbul.

Sepanjang Pegunungan Ural menjadi perbatasan timur Eropa, bersama sungai Kara dan Ural dan melalui depresi Kaspia ke Laut Kaspia.

Lokasi di benua Eropa ideal untuk penaklukan, perdagangan, mobilitas barang dan orang, perang, bahkan sampai penyebaran gagasan. Sebab, akses dan lokasi mereka ke jalur laut dan lautan utama, Eropa juga menjelajahi bagian lain dari dunia dan menjajah. Inilah sebabnya Eropa terkenal di seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Meme Kocak Jersey Klub Eropa Musim Ini, Bayern Mirip Seragam SD

Berikut beberapa fakta terkait letak Geografis Benua Eropa:

Jika kamu ingin memahami letak Geografis Benua Eropa, kamu perlu ingat terdapat hal yang perlu diperhatikan terkait geografi Eropa, yakni beberapa statistik akan ditemukan di Rusia Eropa meski daratan dianggap sebagai bagian dari Rusia Asia secara geografis. Berikut ialah beberapa fakta geografis benua Eropa:

  • Vatikan merupakan negara terkecil di Eropa, dari segi luas dan populasi
  • Jerman adalah negara terbesar di Eropa berdasarkan populasinya
  • Titik tertinggi Eropa adalah Gunung Elbrus di Rusia
  • Titik terendah Eropa adalah Laut Kaspia yang berbatasan dengan Rusia
  • Titik tertinggi Eropa adalah Mt. Blanc di Prancis dan Italia
  • Titik terendah Eropa adalah Lammefjord di Denmark

Biasanya, daratan Rusia yang terletak di sebelah barat Pegunungan Ural disebut sebagai Rusia Eropa pada sebagian besar atlas pendidikan dan sebagian besar pakar geografi. Disebut demikian bukan karena Rusia menjadi negara yang terpisah, tetapi karena perpaduan budaya, politik, dan geografis jangka panjangnya dengan negara-negara Eropa sekitar yang berbatasan.

Baca Juga: Ribut, Twitter Tarik Perjanjian Perangi Disinformasi dengan Uni Eropa

77 persen Rusia termasuk dalam benua Asia, sedangkan 33 persennya termasuk dalam benua Eropa. Meski begitu, hampir 77 persen dari seluruh populasi Rusia, tinggal di Rusia Eropa.

Rusia Eropa sendiri terdiri atas 3.960.000 km persegi (1.528.560 mil persegi) dan membentang di sekitar 40 persen dari wilayah Eropa. Seperti sebelumnya, perbatasan timurnya tergantung pada Pegunungan Ural dan selatannya dibatasi dengan perbatasan Kazakhstan.

Di Bumi, Eropa merupakan benua terbesar keenam dan mencakup 51 negara merdeka di berbagai pulau dan teritori. Adapun, luas permukaan yang diakui Eropa termasuk sekitar 10.5 juta km persegi atau 2 persen dari seluruh permukaan Bumi dan 6,8 dari total luas daratannya.

dalam definisi geografis yang tepat, sebenarnya bukanlah merupakan sebuah benua. Ia adalah bagian dari semenanjung Eurasia yang mencakup seluruh bagian Eropa dan Asia. Meski begitu, Eropa masih tetap disebut benua secara luas karena perbedaan, seperti perbedaan budaya.

Terdapat banyak perairan yang membatasi benua Eropa, yang dipisahkan dari Asia lewat Pegunungan Ural, Laut Kaspia dan Laut Hitam, serta Rusia. Sementara itu, benua ini dipisahkan dari Afrika lewat Laut Mediterania.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini