Dari Balig hingga Berakal, Ini 5 Syarat Wajib Puasa yang Harus Kamu Tahu

Hadi Mulyono
Kamis 30 Maret 2023, 08:00 WIB
Syarat wajib puasa. (Sumber : pexels.com/Thirdman)

Syarat wajib puasa. (Sumber : pexels.com/Thirdman)

LABVIRAL.COM - Terdapat sejumlah ketentuan syarat wajib puasa yang harus diketahui setiap mukmin terutama ketika memasuki bulan Ramadan seperti saat ini.

Syarat wajib adalah suatu keadaan yang mewajibkan seseorang untuk melakukan amalan tertentu dalam hal ini berpuasa Ramadan.

Nah, di bawah ini merupakan penjelasan tentang syarat-syarat wajib puasa menurut ketentuan Islam. Simak sampai habis ya!

Baca Juga: Usahakan Bangun Guys! Ini 5 Manfaat Makan Sahur untuk Kesehatan

1. Muslim

Seseorang yang beragama Islam (muslim) wajib hukumnya untuk menunaikan ibadah puasa bulan Ramadan. Artinya, jika seorang muslim berani meninggalkannya maka ia akan mendapat konsekuensi hukuman.

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS Al-Baqarah ayat 183).

Baca Juga: Jadwal Imsak Natuna 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Natuna Ramadhan 2023

Perintah diwajibkannya puasa juga banyak ditemukan dalam berbagai hadis salah satunya dari Abi Abdurrahman, yaitu Abdullah Ibn Umar Ibn Khattab ra.

Ia berkata, "Saya mendengar Rasulullah saw bersabda, 'Islam didirikan dengan lima hal, yaitu persaksian tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya, didirikannya salat, dikeluarkannya zakat, dikerjakannya haji di Baitullah (Ka’bah), dan dikerjakannya puasa di bulan Ramadan.' (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Balig

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini