Benarkah Marah-marah Menyebabkan Hipertensi?

Sunardi
Jumat 26 Mei 2023, 20:24 WIB
Ilustrasi seorang wanita yang sedang marah. (Sumber : Freepik.com/benzoix)

Ilustrasi seorang wanita yang sedang marah. (Sumber : Freepik.com/benzoix)

LABVIRAL.COM - Salah satu penyakit yang sering menyerang manusia adalah hipertensi. Kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi ini bisa diakibatkan oleh stres. Namun, benarkah marah-marah menyebabkan hipertensi?

Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah seseorang terus-menerus tinggi. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, dan kerusakan organ lainnya, bahkan kematian.

Di sisi lain, emosi negatif seperti kemarahan telah lama dikaitkan dengan masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi. Namun, apakah hal tersebut benar?

Baca Juga: 4 Olahraga Ini Cocok Buat Penderita Hipertensi yang Ingin Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Baca Juga: Manfaat Olahraga Untuk Penderita Hipertensi Ternyata Sangat Baik, Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Marah-marah tidak menyebabkan hipertensi jangka panjang.

Ilustrasi pengecekan tekanan darah.Ilustrasi pengecekan tekanan darah. (Freepik.com/senivpetro)

Dilansir dari halodoc.com, sampai sekarang belum ada bukti bahwa sering marah dan stres dengan sendirinya bisa sebabkan hipertensi jangka panjang. Namun, adanya reaksi stres dan amarah dengan cara yang tidak sehat dapat meningkatkan hipertensi, serangan jantung, dan stroke.

Sementara itu, perilaku tertentu seperti merokok, konsumsi terlalu banyak alkohol, dan makan makanan yang tidak sehat bisa memicu hipertensi.

Tak hanya itu saja, penyakit jantung mungkin dengan kondisi kesehatan tertenu bisa berhubungan dan terkait dengan stres. Mulai dari gelisah, depresi, dan isolai dari teman dan keluarga bisa menjadi pemicu.

Kondisi-kondisi yang sudah disebutkan di atas tidak bukti kaitannya dengan hipertensi. Namun, tetap disarankan supaya bisa mengelola stres dan amarah untuk menurunkan tekanan darah.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini