Hindari Diabetes, Berikut Makananan dan Kebiasaan Makan yang Baik untuk Mencegahnya

Zahwa Elia Azzahra
Selasa 06 Juni 2023, 23:20 WIB
Gejala diabetes. (Sumber : freepik.com)

Gejala diabetes. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Makanan menjadi hal penting untuk menjaga kadar gula darah yang merupakan penyebab utama dari penyakit diabetes. Untuk mencegah diabetes, penting menerapkan gaya hidup sehat dalam kebiasaan mengonsumsi makanan.

Berdasarkan data dari Federasi Diabetes Internasional (IDF) mencatat bahwa 10,7 juta penduduk Indonesia menderita diabetes pada 2019, besaran penderita ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi ke-7 di dunia.

Jumlah penderita diabetes tertinggi di dunia, ditempati di China yang mencapai 116,4 juta jiwa, kedua oleh India yakni dengan 77 juta jiwa, dan yang ketiga ditempati oleh Amerika Serikat yang mencapai  31 juta jiwa.

Baca Juga: Ibu Ayo Baca! 6 Cara Supaya Tetap Bahagia, Jangan Stres Lagi

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mencegah diabetes, mulai dari menjaga asupan makanan sehari-hari. Berikut beberapa makanan dan kebiasaan makan untuk mencegah diabetes, yang bisa kamu terapkan sehari-hari.

1. Kacang

Berdasarkan laman Healthline, kacang atau selai kacang dapat mengontrol kadar gula darah untuk mencegah diabetes. Bahkan, makanan ini cocok dikonsumsi secara jangka panjang.

Jenis kacang yang disarankan untuk bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh mulai dari kacang tanah sampai kacang almond.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Obat Apotek untuk Atasi Diare, Hilangkan Perut Mulas dengan Segera

2. Labu

Di negara Meksiko dan Iran, labu terkenal sebagai obat diabetes tradisional. Sebab, labu mengandung serat dan antioksidan untuk mengatur kadar gula darah sehingga tercegah dari penyakit diabetes.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini