Tanda-tanda Gangguan Jiwa yang Jarang Diperhatikan

Sunardi
Rabu 16 Agustus 2023, 19:21 WIB
Ilustrasi seseorang yang mengalami masalah kesehatan mental. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi seseorang yang mengalami masalah kesehatan mental. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Dalam perjalanan hidup yang kompleks ini, kesehatan mental menjadi aspek yang tidak boleh diabaikan. Meskipun kita sering mendiskusikan tanda-tanda umum gangguan jiwa, seperti kecemasan dan depresi, namun ada tanda-tanda yang sering luput dari perhatian kita.

Tanda-tanda gangguan jiwa yang jarang diperhatikan ini tentu sangat penting. Sebab, tanpa disadari, gangguan jiwa yang jarang diperhatikan justru bisa berbahaya.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa terdapat beberapa tanda-tanda gangguan jiwa yang jarang diperhatikan. Lalu, apa saja tanda-tanda gangguan jiwa yang jarang diperhatikan itu? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: 6 Manfaat Memelihara Kucing, Ternyata Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

Baca Juga: 7 Jenis Teh di Indonesia, Aroma dan Khasiatnya Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Tanda-tanda Gangguan Jiwa yang Jarang Diperhatikan

1. Rasa lelah yang konstan

Tanda-tanda gangguan jiwa yang jarang diperhatikan pertama yakni muncul rasa lelah yang konstan. Masalah ini memang kerap tidak disadari karena berkaitan dengan masalah fisik. Selain itu, para pengidap masalah ini sering menyembunyikan apa yang dialaminya supaya tidak malu. Padahal, kondisi ini memang penting untuk segera ditangani.

2. Sakit fisik

Tanda-tanda gangguan jiwa yang jarang diperhatikan kedua yakni sakit fisik. Hal ini dikarenakan masalah kesehatan mental juga berkaitan erat dengan kesehatan fisik. Seseorang yang mengalami gangguan jiwa, kesehatan fisiknya juga terganggu.

3. Emosi

Tanda-tanda gangguan jiwa yang jarang diperhatikan ketiga yakni gangguan emosi. Emosi merupakan bagian dari masalah mental atau pikiran. Oleh karena itu, emosi selalu berkelindan dengan masalah perasaan yang tertekan, cemas, kesal, atau kurang bersemangat. Masalah gangguan emosi ini memang jarang dibicarakan menjadi penyebab kesehatan mental.

Baca Juga: 6 Manfaat Tidur Malam bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini