6 Langkah Perawatan Luka Akibat Jatuh dari Motor yang Butuh Perawatan Ekstra

Annisa Fadhilah
Selasa 19 September 2023, 15:12 WIB
6 Langkah Perawatan Luka Akibat Jatuh dari Motor yang Butuh Perawatan Ekstra (FOTO: Freepik)

6 Langkah Perawatan Luka Akibat Jatuh dari Motor yang Butuh Perawatan Ekstra (FOTO: Freepik)

LABVIRAL.COM - Cedera karena terjatuh dari motor bisa terjadi akibat kelalaian sendiri atau dari pengendara lain. Biasanya, cedera yang dialami berupa luka lecet atau goresan.

Meskipun dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, cedera ini paling sering terjadi di lutut, siku, lengan bawah atau tangan.

Biasanya, luka lecet atau goresan termasuk dalam kategori ringan dan dapat sembuh dalam dua minggu. Namun untuk mempercepat proses penyembuhan, diperlukan penanganan yang tepat. Berikut Labviral.com berikan enam langkah untuk merawat luka akibat jatuh dari motor:

Baca Juga: 5 Mobil Listrik Terlaris 2023

Cuci tangan dengan bersih

Langkah pertama dalam merawat luka akibat jatuh dari motor adalah mencuci tangan dengan bersih. Hal ini penting dilakukan sebelum menyentuh luka untuk memastikan bahwa tidak ada bakteri di tangan yang dapat menyebabkan infeksi pada luka.

Hentikan perdarahan

Biasanya, perdarahan dari luka kecil akan berhenti dengan sendirinya. Namun, jika perdarahan terus berlanjut, tekan luka dengan menggunakan perban atau kain bersih. Lakukan hal ini hingga perdarahan berhenti.

Bersihkan luka

Jika ada benda asing seperti pasir atau kotoran yang menempel pada luka, bilas luka dengan air mengalir dan bersihkan kotorannya. Langkah ini mungkin terasa menyakitkan, oleh karena itu bersihkan dengan lembut hingga kotoran tidak terlihat lagi. Selain itu, bersihkan kulit di sekitar luka dengan sabun, namun pastikan agar sabun tidak terkena bagian luka.

Baca Juga: Tips dan Trik Beli Jaket yang Aman untuk Para Pengendara Motor

Oleskan petroleum jelly

Setelah luka dibersihkan, kamu dapat mengoleskan petroleum jelly untuk menjaga luka tetap lembap dan mencegah terbentuknya jaringan parut. Namun, lakukan dengan hati-hati karena beberapa bahan dalam produk tersebut bisa menyebabkan reaksi sensitif. Jika terjadi reaksi, segera bilas dan hentikan penggunaan salep.

Tutupi luka

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini