4 Kebiasaan Makan dan Minum yang Wajib Dihindari Pengidap Asam Urat

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 21:59 WIB
Ilustrasi, seorang alami asam urat pada bagian tangan

Ilustrasi, seorang alami asam urat pada bagian tangan

LABVIRAL.COM - Penyakit asam urat adalah peradangan pada sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat alam tubuh. Penyebab tingginya asam urat bisa beragam, salah satunya adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang.

Oleh karena itu, pengidap penyakit asam urat perlu menghindari berbagai makanan dan minuman, yang menjadi pantangan penyakit ini untuk mencegah asam urat kambuh pada masa mendatang.

Lantas, kebiasaan makan dan minum apa saja yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat? Adakah pantangan atau larangan lainnya yang juga perlu dihindari?

Baca Juga: Ternyata Makan Buah Malam Hari Tidak Disarankan Lho! Ini Alasannya

Mengonsumsi Makanan Tinggi Purin

Dilansir Labviral.com dari Healthline, penderita asam urat harus benar-benar mengenal makanan yang tinggi purin. Daging merah, daging unggas, seafood, dan jeroan wajib dihindari, karena memang dikenal mengandung tinggi purin.

Selain itu, hindari sayuran hijau tertentu seperti bayam, asparagus, kol, daun pepaya, buncis, kangkung, daun singkong dan jamur kuping.

Baca Juga: Bahaya Minum Air Sambil Berdiri, Ini Cara yang Benar

Namun, ada juga deret makanan yang dianggap aman, tetapi ternyata tidak aman buat asam urat.

Makanan sehat yang ternyata tinggi kandungan purin antara lain kacang-kacangan termasuk kacang tanah, kacang polong, kacang merah, kedelai, dan polong-polongan.

Minum Alkohol

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini