Kenali Ciri Diabetes Tipe 1, Bisa Dialami Orang Dewasa Hingga Anak-anak

Zahwa Elia Azzahra
Senin 12 Juni 2023, 23:30 WIB
Ilustrasi, diabetes

Ilustrasi, diabetes

LABVIRAL.COM - Diabetes terjadi saat kadar gula darah melebihi nilai normal. Diabetes pun terbagi dalam beberapa jenis, salah satunya adalah diabetes tipe 1. 

Meski angka kasusnya tidak sebanyak diabetes tipe 2, tetapi diabetes tipe 1 dapat menimbulkan komplikasi serius, apabila kadar gula darahnya tidak terkendali. 

Faktor gaya hidup tidak sehat dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Oleh sebab itu, banyak ahli kesehatan yang menyarankan melakukan gaya hidup sehat untuk mencegah diabetes tipe 2. Berbeda dengan diabetes tipe 2, diabetes tipe 1 disebut-sebut tidak dapat dicegah. Bagaimana kebenarannya?

Baca Juga: Lirik Lagu 'Jangan Sampai Pasrah' Hanin Dhiya x Sabyan Ceritakan Kehidupan Manusia yang Pastinya Mengalami Cobaan

Laman Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa diabetes tipe 1 merupakan kondisi kronis yang terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan insulin atau menghasilkan sedikit insulin.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) juga menerangkan, hormon insulin membantu agar glukosa atau gula yang ada di darah dapat masuk ke dalam sel, untuk digunakan sebagai energi oleh tubuh.

Tanpa adanya insulin, gula yang berada di darah tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh sehingga terus menumpuk di darah. 

Baca Juga: Yuk, Kenali Ciri Seseorang Kena Diabetes Melitus Tipe 2

Kadar gula darah yang meningkat, makin lama dapat merusak tubuh dan menyebabkan berbagai komplikasi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini