Lakukan 4 Tips Ini Agar Tercegah Terkena Diabetes di Usia Muda

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 09 Juni 2023, 21:14 WIB
Gejala diabetes. (Sumber : freepik.com)

Gejala diabetes. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Diabetes merupakan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah (glukosa). Glukosa sendiri merupakan sumber energi bagi tubuh, namun bagi penderita diabetes, glukosa tersebut tidak dapat digunakan tubuh.

Mengutip laman alodokter.com, hal tersebut dikarenakan pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Diabetes sendiri saat ini tidak hanya menyasar orang-orang tua, namun juga pada anak muda. Maraknya minuman serta makanan memiliki kadar gula tinggi, ditambah dengan gaya hidup anak-anak muda saat ini, membuat terjadinya peningkatan jumlah penderita diabetes di usia muda.

Baca Juga: Masalah Kesehatan yang Terjadi Jika Terbiasa Tidur Tengkurap

Lalu, apa yang harus kamu lakukan untuk mencegah agar tidak terkena diabetes di usia muda? Berikut ini Labviral.com kasih tips, sebagaimana yang dilansir oleh Youtube Clarin Hayes.

1. Kurangi Makanan dan Minuman yang Manis-manis

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengurangi makan dan minum yang manis-manis, mulai dari kopi yang manis, donat rasa coklat, hingga minuman bersoda. Itu semua menu makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak ya guys.

Semakin banyak gula dan kalori yang kamu konsumsi, bahkan berlebihan dari yang dibutuhkan oleh tubuh kamu, maka semakin banyak tubuh memproduksi insulin secara berlebihan, sehingga dapat mengurangi sensitifitas insulin atau sering juga disebut dengan resistensi insulin.

Baca Juga: Bukan Cuma Pengganti Kopi Berkafein Tinggi, Ini Manfaat Kopi Chicory

Resistensi insulin ini yang menjadi penyebab dari diabetes melitus. Sebab lainnya adalah kerusakan sel beta pancreas yang menyebabkan tidak bisa memproduksi insulin atau berkurangnya produksi insulin.

2. Jaga Berat Badan Ideal

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini