Yuk, Kenali Ciri Seseorang Kena Diabetes Melitus Tipe 2

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 11 Juni 2023, 23:25 WIB
Gejala diabetes. (Sumber : freepik.com)

Gejala diabetes. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Diabetes atau diabetes melitus adalah penyakit mematikan karena pengaruh kenaikan gula darah. Dampaknya pun cukup parah seperti mengakibatkan komplikasi yang menyerang ginjal, jantung, dan kebutaan pada mata. 

Berdasarkan data International Diabetes Federation tahun 2019, Indonesia berada di peringkat ke-7 dari 10 negara dengan penduduk penderita diabetes melitus terbesar di dunia, yaitu sebanyak 10,7 juta. 

Setiap tahun tentunya angka tersebut mengalami kenaikan. Tingginya penderita diabetes melitus tidak lepas dari faktor keturunan maupun gaya hidup. 

Baca Juga: Menyehatkan, Kenali Metode Terapi Bekam Asal Timur Tengah

Diabetes melitus sendiri dibagi menjadi 3 golongan, yaitu tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional yang umumnya menyerang ibu hamil.

Diabetes melitus tipe 2 atau dikenal dengan sebutan diabetes tipe 2 adalah gangguan metabolisme yang terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan hormon insulin dalam jumlah cukup. 

Dilansir dari laman DiabetesUK, jenis diabetes ini menyebabkan kadar gula darah penderita ajek tinggi dan susah terkontrol.

Baca Juga: Menyehatkan, Kenali Metode Terapi Bekam Asal Timur Tengah

Berikut beberapa ciri-ciri diabetes melitus tipe 2, yang perlu diwaspadai dan pentingnya diagnosis dini: 

Sering buang air kecil 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini