Ini 8 Obat Diabetes untuk Menjaga Gula Darah Tetap Normal

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 10 Juni 2023, 21:38 WIB
Gejala diabetes. (Sumber : freepik.com)

Gejala diabetes. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Memilih obat yang cocok merupakan salah satu kunci cara mengobat diabetes agar kadar gula tetap terkontrol. Jenis obat diabes yang diberikan berbeda-beda tergantung tipe iabetes melitus yang diidap oleh penderita.

Meski tidak menyebuhkan penyakit ini, tapi konsumsi obat diabetes mampu menjaga kadar gula darah tetap pada batas normal dan mencgah terjadinya komplikasi akibat diabetes yang tidak terkontrol.

Diabetes ditandai dengan tingginya gula darah dalam tubuh. Diabetes juga disebut kencing manis ini disebabkan ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi dan menggunakan insulin sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Alasan Mengapa Penderita Hipertensi Dilarang Minum Kopi

Apa itu insulin? Insulin sendiri adalah hormon yang diproduksi secara alami di pankreas dan berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Berikut ini 8 obat diabetes yang biasa diresepkan oleh dokter yang dihimpun Labviral.com dari berbagai sumber;

1. Insulin

Pankreas penderita diabetes tipe 1 tidak bisa lagi memproduksi insulin, sehingga insulin diberikan melalui suntikan untuk menjaga kadar gula darah dalam kondisi normal.

Suntik insulin adalah satu-satunya obat diabetes yang diberikan kepada penderita diabetes tipe 1. Selain itu, penderita diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional juga dapat diberikan suntik insulin jika dibutuhkan.

Baca Juga: Bumil Banyak Minum Kopi Berisiko Anak Bertubuh Pendek

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini