Cara Mengolah Telur yang Baik Biar Gak Kolesterol! Hindari Makanan Pendamping Ini Agar Manfaat Telur Tetap Sehat

Bonifasius Sedu Beribe
Kamis 29 Februari 2024, 17:28 WIB
Ilustrasi telur dadar yang mengandung lemak. Apakah kamu menghindari makan telur karena takut kolesterol?(Pixabay.com/Nemoel Nemo) (Sumber : Pixabay.com/Nemoel Nemo)

Ilustrasi telur dadar yang mengandung lemak. Apakah kamu menghindari makan telur karena takut kolesterol?(Pixabay.com/Nemoel Nemo) (Sumber : Pixabay.com/Nemoel Nemo)

LABVIRAL.COM - Apakah kamu menghindari makan telur karena takut kolesterol? Atau mungkin saat makan telur, kamu hanya mengambil bagian putihnya saja dan membuang kuningnya? Ini dia sebabnya, konsumsi telur bisa berbahaya.

Dokter Hans di channel Youtube SB30 Health mengatakan bahwa telur sebenarnya tidak membahayakan kesehatanmu, jika dikonsumsi dengan cara yang benar dan wajar. Hal ini juga yang akan menghilangkan kekhawatiran kamu soal kolesterol jika mengonsumsi telur.

Bicara mengenai kolesterol, batas aman yang disarankan oleh beberapa organisasi kesehatan seputar lemak kolesterol adalah 20- 30 gram per hari. Sebutir telur memiliki kandungan lemak jenuh 1,5 gram.

Baca Juga: Jangan Takut Makan Telur karena Kolesterol dan Lemak Jenuh! Ini Kandungan Telur dan Manfaatnya Biar Selalu Sehat dan Bugar

Ini cukup jauh dari batas aman, meski angka batas aman ini masih menjadi perdebatan sampai sekarang, karena penelitian mengenai telur ini sendiri masih pro kontra.

Sebelumnya, ketahuilah dulu bahwa tubuh kita memproduksi 3.000 mg kolesterol tiap hari. Itu setara dengan 14-16 butir telur per hari.

“Kalau kalian makan 2 - 3 butir telur per hari terus kalian takut dengan kolesterol yang tinggi, menurut saya ini agak konyol. Karena ketika kita makan kolesterol dalam jumlah yang lebih banyak, tubuh kita akan produksi lebih sedikit. Ketika kita makan lebih sedikit, tubuh kita akan produksi lebih banyak,” jelas Dokter Hans.

Baca Juga: 6 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak, dari Telur hingga Oatmeal

Lalu, mengapa makan telur bisa berbahaya bagi tubuh?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Mom

Anak Alergi Telur? Begini Penjelasannya

Selasa 09 Mei 2023, 23:34 WIB
Anak Alergi Telur? Begini Penjelasannya
Berita Terkini