Sebelum Beli, Kenali Dahulu Ciri-ciri Merpati Sehat yang Layak Dipelihara

Zahwa Elia Azzahra
Jumat 24 Maret 2023, 02:30 WIB
Ilustrasi, cara memberi makan burung merpati

Ilustrasi, cara memberi makan burung merpati

LABVIRAL.COM - Burung merpati atau yang dikenal juga sebagai burung dara, merupakan salah satu burung yang memiliki populasi banyak di dunia. Burung merpati termasuk dalam keluarga burung columbidae atau burung berparuh.

Burung merpati telah dikenal sejak kerajaan Mesir, tepatnya pada abad ke-20 sebelum masehi. Burung merpati pertama kali ditemukan di Mesir kuno. 

Merpati masuk ke Indonesia lewat pedagang hewan. Para pedagang banyak yang menjual burung ke Indonesia, termasuk spesies merpati.

Baca Juga: Mengapa Merpati Dijuluki Binatang yang Setia? Ini Penjelasannya

Di beberapa negara, merpati hidup bebas bergerombolan, bisa berada di jalan, di gedung-gedung bahkan pemukiman, tapi tak sedikit juga yang hidup di dalam kandang dan menjadi hewan peliharaan.

Di Indonesia sendiri, banyak orang memilih merpati sebagai hewan peliharaannya. Terlebih anak muda, karena burung ini dianggap seru, dilatih di lepas dan bisa kembali pulang tanpa tersesat.

Untuk kamu yang ingin membeli dan memelihara burung merpati, pastikan kamu membeli merpati yang sehat.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Baik untuk Burung Merpati, Termasuk Sayuran Loh!

Berikut Labviral.com, jelaskan tips untuk kamu mengetahui ciri dari burung merpati yang sehat. Yuk disimak!

  • Ciri pertama kamu bisa melihat dari bagian matanya, di mana mata merpati yang sehat, akan lebih terlihat berbinar dan memiliki pandangan yang tajam. Tidak layu, dan cepat melihat pergerakan yang ada disekitar termasuk cahaya. 
  • Selanjutnya, merpati yang sehat akan aktif bergerak, dan gesit saat beraksi di lingkungannya. Dia tidak akan diam saja di satu tempat. 
  • Kemudian burung merpati yang sehat, dia akan mudah merespon dan bereaksi terhadap lawan jenis, misalnya salah tingkah.
  • Selanjutnya merpati yang sehat mampu terbang pada ketinggian yang lebih tinggi hingga 77,6 mph dengan kecepatan rata-rata dan sanggup menempuh jarak sekitar 600 hingga 700 mil. 
  • Dan yang terakhir merpati yang sehat memiliki ciri, mampu menavigasi arah terbang dan bisa kembali ke rumah atau tempat asalnya saat dilepaskan. 
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini