Rekomendasi 5 Website Cek Plagiarisme Terbaik untuk Jurnal dan Skripsi

Yowan R
Senin 22 Mei 2023, 14:29 WIB
Ilustrasi cek plagiarisme dengan Plagiarism Checker (Sumber : check-plagiarism.com)

Ilustrasi cek plagiarisme dengan Plagiarism Checker (Sumber : check-plagiarism.com)

LABVIRAL.COM - Plagiarisme merupakan salah satu kegiatan yang melanggar hak cipta milik orang lain dengan menjiplak atau meniru karya dari orang lain.

Kasus plagiarisme ini masih sering terjadi dan banyak dijumpai, seperti pada skripsi, tugas akhir, esai hingga karya tulis lainnya. Untuk mengetahui sebuah tulisan yang dibuat ini merupakan hasil dari tiruan atau jiplakan dari karya orang lain bisa menggunakan situs web plagiarisme.

Situs web plagiarisme ini cukup banyak beredar di internet. Berikut ini daftar situs plagiarisme yang bisa kamu gunakan.

Rekomendasi Situs Web Cek Plagiarisme

1. Check Plagiarism

Situs untuk cek plagiarisme pertama yang bisa kalian gunakan adalah Check Plagiarism. Situs ini dapat digunakan untuk cek plagiarisme dengan tulisan sebanyak 10.000 sampai 15.000 kata secara gratis

Selain dapat digunakan untuk mengecek tulisan dengan jumlah kata yang banyak, berbagai tipe dokumen juga dapat diunggah, meliputi .doc, .docx, .txt., dan .pdf.

2. Copyleaks

Situs kedua adalah Copyleaks yang merupakan layanan pengecekan plagiarisme berbasis online dan banyak digunakan para peneliti untuk mendeteksi tulisan sebelum dipublikasi.

Pengguna Copyleaks dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di situs Copyleaks sebelum memulai pengecekan. Copyleaks sendiri menggunakan sistem teknologi AI sehingga proses pengecekan dinilai lebih akurat.

3. Copyscape

Copyscape juga menjadi salah satu situs pengecekan plagiarisme yang bisa kamu gunakan. Situs ini menawarkan beberapa layanan lain seperti Copyscape Premium, Premium API, Free Comparison Tool, dan Free Plagiarism Banner.

Cara menggunakan layanan ini tidak berbeda jauh seperti situs website pengecekan plagiarisme lainnya.

4. Duplichecker

Situs pengecekan plagiarisme berikutnya adalah Duplichecker dengan tiga opsi plagiarisme berbasis salin tulisan, unggah dokumen, atau input tautan.

Adapun parameter mengenai keaslian tulisan dari hasil pengecekan ditampilkan melalui persentase. Jika persentasenya rendah, itu menandakan tulisan masuk kategori orisinal. Namun jika hasilnya tinggi, maka ada kemungkinan tulisan tersebut kurang keabsahannya.

5. Grammarly

Situs cek plagiarisme terakhir adalah Grammarly. Selain dapat memeriksa tata bahasa Inggris, Grammarly juga dapat digunakan untuk mengecek plagiarisme.

Situs ini memiliki fitur pemeriksaan tingkat duplikasi otomatis dari artikel atau konten lainnya di internet.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini