Cara Urus STNK Motor yang Hilang tapi Masih Kredit, Lengkap dengan Dokumen yang Dibawa Saat ke Samsat

Annisa Fadhilah
Senin 14 Agustus 2023, 19:57 WIB
Cara Urus STNK Motor yang Hilang tapi Masih Kredit, Lengkap dengan Dokumen yang Dibawa Saat ke Samsat (FOTO: federaloil.co.id)

Cara Urus STNK Motor yang Hilang tapi Masih Kredit, Lengkap dengan Dokumen yang Dibawa Saat ke Samsat (FOTO: federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Saat membeli motor dengan sistem kredit, biasanya pembeli hanya akan mendapatkan dokumen bukti kepemilikan kendaraan dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). 

Akan tetapi, Buku Pemilik Kendaraan (BPKB) pasti ditahan pihak pemberi kredit atau leasing sebagai jaminannya sebelum kamu melunasi kredit kendaraan bermotor tersebut.

Maka apabila suatu saat sampai kehilangan STNK, tentu ini menjadi sebuah kerugian besar. Pasalnya, kamu jadi tidak lagi memiliki dokumen bukti kepemilikan motor tersebut, sebab BPKB tidak ada di tanganmu. 

Baca Juga: Kronologi Dokter Richard Lee Tagih Ganti Rugi Rp40 Juta ke Farel Aditya

Mau tak mau, harus sesegera mungkin mengurus STNK yang hilang tersebut, untuk mencegah hal yang tak inginkan terjadi.

Untuk mengurus STNK motor yang hilang tapi masih dalam masa kredit, ini sedikit berbeda jika dibanding dengan membeli motor secara tunai. 

Ini dipastikan akan memerlukan waktu, tenaga, dan juga biaya yang lebih banyak lagi. Sebab, BPKB motor juga yang menjadi salah satu syarat untuk mengurus STNK motor yang hilang tersebut, tetapi BPKB masih berada di pihak pemberi kredit.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara urus STNK motor yang hilang tapi masih kredit, yang bisa dijadikan pedoman jika sewaktu-waktu kamu mengalami kejadian buruk seperti ini.

Baca Juga: Motor Milikmu Mogok di Jalan? Yuk Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Syarat Urus STNK Motor Hilang tapi Masih Kredit

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Tips Merawat Remote Smart Key Sepeda Motor

Jumat 11 Agustus 2023, 15:00 WIB
Tips Merawat Remote Smart Key Sepeda Motor
Berita Terkini