Jenis-jenis Velg Mobil Terbaik yang Paling Umum Digunakan

Yowan R
Selasa 15 Agustus 2023, 19:27 WIB
Jenis-jenis velg mobil (Sumber : Labviral.com)

Jenis-jenis velg mobil (Sumber : Labviral.com)

LABVIRAL.COM - Velg mobil merupakan salah satu komponen mobil yang berperan sangat penting dan menjadi komponen yang paling menarik perhatian dari sebuah kendaraan roda empat. Sebab, jenis velg tertentu akan membuat penampilan mobil menjadi lebih unik dan menarik untuk dipandang.

Sama seperti velg sepeda motor, selain memiliki jenis yang berbeda, velg mobil juga memiliki ukuran yang berbeda-beda juga tergantung tipe mobilnya serta dimensi mobilnya. Velg mobil yang paling umum digunakan saat ini adalah velg mobil ukuran ring 15 inci dan velg mobil ukuran ring 17 inci.

Untuk harga dari velg mobil ini juga terbilang beragam, tergantung dari ukuran, bahan baku pembuatan velg, merek velg, jenis velg, serta tipe velgnya. Saat ini, di Indonesia saja sudah tersedia sangat banyak toko khusus yang menjual velg dengan jenis yang beragam mulai dari velg standar hingga velg racing dengan harga yang variatif.

Hal ini tentunya memudahkan para pemilik mobil yang ingin mengganti velg mobilnya dengan bebas, sesuai keinginan dan selera masing-masing.

Untuk jenis-jenis yang paling umum untuk velg mobil ini, bisa kamu lihat di bawah ini:

Jenis velg mobil

1. Velg Baja

Jenis velg mobil yang pertama adala velg baja. Velg mobil yang satu ini juga biasa disebut dengan nama velg kaleng, sebab bentuknya memang terlihat seperti kaleng. Namun pada dasarnya, pembuatan velg ini menggunakan bahan baku baja, di mana baja sendiri adalah paduan dari material besi, aluminium dan karbon.

Jika dibandingkan dengan material lainnya, maka velg mobil ring 17 maupun velg mobil ring 15 yang terbuat dari baja merupakan jenis yang terkuat. Namun penggunaan velg baja biasanya akan memberi dampak terhadap berat roda kendaraan, sehingga bisa mempengaruhi performanya.

Selain itu,  velg yang terbuat dari baja ini juga hanya memiliki desain terbatas. Hal tersebut tentu akan membuat bentuknya terlihat monoton, bahkan cenderung terlihat mirip dengan kaleng.

2. Velg Alumunium

Jenis velg mobil selanjutnya adalah velg alumunium. Velg satu ini termasuk salah satu yang paling populer dan terbilang cukup banyak digunakan oleh pemilik mobil. Velg aluminium bahkan kerap dianggap menjadi pengganti velg baja yang banyak digunakan pada berbagai jenis mobil retro (klasik).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Rekomendasi Merk Velg Mobil Terbaik

Jumat 31 Maret 2023, 23:59 WIB
Rekomendasi Merk Velg Mobil Terbaik
Tech

Cara Bedakan Velg Mobil Ori dan KW

Selasa 21 Maret 2023, 18:45 WIB
Cara Bedakan Velg Mobil Ori dan KW
Berita Terkini