Tanda-tanda Aki Motor Soak, Cepat Ganti Jika Sudah Terdeteksi!

Yowan R
Rabu 16 Agustus 2023, 22:55 WIB
Ilustrasi aki tekor, penyebab motor mogok (Sumber : evalube.com)

Ilustrasi aki tekor, penyebab motor mogok (Sumber : evalube.com)

LABVIRAL.COM - Sepeda motor, menggunakan aki yang berguna untuk menyediakan dan menyimpan daya listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan komponen kelistrikan seperti lampu, starter, klakson dan masih banyak lagi. Terlebih, saat ini hampir semua motor baru keluaran pabrikan telah menggunakan sistem injeksi dimana semua komponennya membutuhkan arus listrik yang diambil dari baterai atau aki.

Aki biasanya terdiri atas beberapa sel baterai berisi elektrolit dengan terminal positif negatif. Namun seperti baterai pada umumnya, aki atau accu harus diganti secara berkala karena memiliki umur pakai terbatas. Sehingga seiring berjalannya waktu, aki akan mengalami penurunan performa dan berakhir soak.

Akibatnya, mesin motor menjadi sulit menyala dan berbagai komponen yang terkait dengan sistem kelistrikan tidak berfungsi optimal.

Karena itu, para pemilik dan pengendara sepeda motor harus mengetahui apa saja tanda-tanda yang biasanya akan muncul jika aki motor soak. Sehingga dapat mengantisipasinya untuk mengganti aki secepatnya sebelum terlambat dan merusak komponen kelistrikan lainnya.

Untuk tanda-tanda aki motor yang soak, kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini yang dikutip dari laman Suzuki.

Tanda-tanda aki motor soak

1. Mesin sulit dinyalakan

Salah satu tanda yang paling umum saat aki motor perlu diganti adalah mesin motor sulit dinyalakan menggunakan starter elektrik. Terlebih jika motor tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hal ini menunjukkan jika daya pada aki sudah menurun. Aki yang sudah lemah tidak dapat menghasilkan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin. Bahkan, terkadang juga mesin motor tidak dapat dinyalakan sama sekali (motor injeksi).

2. Starter elektrik tidak menyala atau berbunyi saat ditekan

Tanda selanjutnya bisa diketahui saat menekan tombol starter dan tidak ada reaksi apapun, atau hanya terdengar bunyi klik. Hal ini menunjukkan bahwa aki tidak mampu menyediakan daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan starter.

3. Cahaya lampu redup

Pada sepeda motor yang menggunakan sistem kelistrikan DC, aki motor yang soak bisa ditandai dengan cahaya lampu utamanya. Jika cahaya lampunya terlihat lebih redup daripada biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa aki motor sudah melemah dan perlu diganti.

4. Suara klakson tidak nyaring

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Aki Motor Bolehkah Dipasang Miring?

Sabtu 25 Maret 2023, 11:44 WIB
Aki Motor Bolehkah Dipasang Miring?
Tech

Aki Motor Sering Tekor, Kenapa Ya?

Sabtu 25 Maret 2023, 11:29 WIB
Aki Motor Sering Tekor, Kenapa Ya?
Berita Terkini