Penyebab Rantai Motor Bunyi Kletek-kletek

Yowan R
Sabtu 19 Agustus 2023, 21:39 WIB
Ilustrasi rantai motor yang kendor dan muncul bunyi kletek-kletek (Sumber : indoparts.id)

Ilustrasi rantai motor yang kendor dan muncul bunyi kletek-kletek (Sumber : indoparts.id)

LABVIRAL.COM - Rantai motor terkadang membuat pemilik motor kerepotan, misalnya rantai terus menerus mengeluarkan suara berisik atau rantai lebih cepat kendur yang mengganggu performa motor.

Hal ini biasanya disebabkan karena rantai motor tidak dirawat dengan baik atau bisa juga karena perawatan rantai yang salah. Perawatan rantai yang salah ini akan mengakibatkan kondisi rantai menjadi lebih buruk.

Selain itu, rantai motor yang terus menerus mengeluarkan suara berisik seperti kletek-kletek ini juga dapat menjadi indikasi jika rantai motor harus diganti. Meskipun demikian, kamu tak perlu terburu-buru untuk mengganti rantai motor tersebut. Terlebih jika, usia pakainya masih belum cukup lama.

Berikut beberapa penyebab yang membuat rantai motor bunyi kletek-kletek yang dikutip dari laman Suzuki.

1. Rantai motor aus

Penyebab rantai motor bunyi kletek-kletek yang pertama adalah rantai sudah mulai aus. Rantai serta gear yang aus ini disebabkan oleh pemakaian motor yang sering. Terlebih jika motor sering digunakan untuk menempuh perjalanan jauh.

Untuk mengetahui jika penyebab suara adalah dari ausnya rantai yang aus, kamu bisa melihat pada bagian ujung mata gigi gear. Jika sudah tidak rata berarti penyebabnya memang karena rantai dan gear sudah aus.

2. Rantai motor kendor

Penyebab rantai motor bunyi kletek-kletek selanjutnya adalah rantai motor yang kendor. Rantai yang kendor tentunya harus disetel sehingga tidak terlalu kendor atau kencang.

Penyetelan tersebut harus dilakukan dengan benar. Sebab, kendornya rantai disebabkan oleh dua alasan. Pertama karena penyetelan yang salah dan kedua karena kurang perawatan.

Rantai motor yang terbuat dari bahan logam ini akan mengendur karena adanya gaya tarik yang membuat rantai lama kelamaan menjadi lebih panjang. Jika sudah demikian, otomatis suara berisik akan keluar rantai yang kendor.

3. Rantai motor kotor

Penyebab rantai motor berbunyi kletek-kletek berikutnya adalah kotoran seperti debu atau lumpur yang menempel pada rantai motor. Pada saat musim penghujan kotoran pada bagian rantai akan lebih banyak. Kotoran yang menempel tersebut akan membuat gerakan rantai dan gear terganggu dan menimbulkan suara.

4. Rantai motor karatan

Selain kotoran, karat juga menjadi salah satu penyebab rantai motor bunyi kletek-kletek. Karena rantai motor terbuat dari benda logam, jadi sangat wajar jika rantai dan gear berkarat. Namun jika masalahnya karena ini maka kamu tidak bisa menambahkan pelumas atau membersihkan karat.

Karena karat menandakan kerusakan pada material logam yang sangat berbahaya. Karat juga menjadi tanda bahwa logam mulai keropos dan perlu diganti. Bahaya yang menanti jika terus menggunakannya adalah rantai bisa putus dan terjadi kecelakaan.

5. Rantai motor kering

Penyebab rantai motor bunyi kletek-kletek juga bisa terjadi karena jarang memberikan pelumas sehingga rantai menjadi kering. Kondisi rantai yang kering biasanya disebabkan oleh kendaraan usai melewati jalanan banjir.

Pelumas pada rantai harus diaplikasikan kembali setelah kotoran dan air dibersihkan. Kamu dapat menggunakan pelumas khusus dan hindari oli bekas. Oli tersebut justru akan membuat rantai semakin kotor dan mempercepat korosi.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini