Bagian-bagian Motor Listrik yang Harus Diservis Berkala, Baca Aja Dulu Meski Belum Punya!

Aci
Senin 21 Agustus 2023, 20:03 WIB
Bagian-bagian Motor Listrik yang Harus Diservis Berkala, Baca Aja Dulu Meski Belum Punya! (Sumber : Labviral.com/Ica Juniyanti)

Bagian-bagian Motor Listrik yang Harus Diservis Berkala, Baca Aja Dulu Meski Belum Punya! (Sumber : Labviral.com/Ica Juniyanti)

LABVIRAL.COM - Kendaraan listrik menjadi idola baru di industri otomotif. Indonesia sendiri saat ini, sudah mulai memasuki masa transisi, dimana sudah mulai banyak masyarakat yang mulai mengganti kendaraan dari yang menggunakan kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik. 

Kendaraan listrik dianggap menjadi salah satu kendaraan yang jauh lebih aman bagi lingkungan, terlebih saat ini beberapa wilayah Indonesia menjadi salah satu wilayah yang darurat polusi udara. 

Baca Juga: Cara Mengisi Baterai Sepeda Motor Listrik yang Benar

Kendaraan listrik juga dianggap lebih bersahabat untuk harga dan perawatan.  Kendati demikian, baik kendaraan listrik maupun konvensional, keduanya sama-sama harus rutin dilakukan perawatan dan pengecekan, agar dapat bekerja dan digunakan secara maksimal.

Tidak terlalu jauh berbeda, kendaraan listrik maupun konvensional sama-sama harus dilakukan rutin service berkala. Hanya saja dalam proses service berkala, part yang diperiksa akan berbeda.

Baca Juga: Daftar Motor Listrik yang Siap Unjuk Gigi di GIIAS 2023, Termasuk Motor Listrik Subsidi Pemerintah yang Lebih Murah

Lantas untuk motor listrik, bagian mana sajakah yang perlu dilakukan pengecekan rutin atau service berkala? Simak penjelasan Labviral.com berikut ini, soal bagian-bagian motor listrik yang perlu dilakukan pengecekan rutin:

Adapun, dalam kendaraan listrik yang perlu diperhatikan meliputi, baterai, dinamo, modul, sampai dengan teknikal seperti keadaan mesin ataupun rem. Service berkala motor listrik, akan dilakukan pembongkaran yang berfungsi untuk membersihkan bagian-bagian penting pada motor listrik dari kotoran. 

Baca Juga: Daftar Motor Listrik Buatan Indonesia 2023

Oh iya, tahukah kamu apa yang dimaksud modul pada kendaraan listrik?

Untuk kamu yang belum mengetahuinya, modul merupakan kontrol yang terdapat di dalam motor listrik. Jika pada motor konvensional, modul sama dengan ECU. Pada intinya, alat yang bekerja sebagai sebuah sistem pengatur dan pengontrol pada kendaraan bermesin. Perangkat ini bisa dikatakan sebagai pusat dari segala kegiatan yang terjadi pada sebuah kendaraan bermotor.  

Jadi, modul merupakan salah satu bagian penting yang harus dilakukan pengecekan. Pada umumnya, modul dapat dilakukan pengecekan dalam kurun waktu 2 atau 3 bulan, sesuai pemakaian. 

Baca Juga: Tips Mencuci Motor Listrik agar Aman dari Korsleting Listrik

Pada kendaraan listrik, baterai juga memiliki masa pakai. Memang untuk waktu, tidak ada yang mematoknya secara pasti, tapi pada umumnya baterai memiliki masa pakai selama 2 sampai dengan tiga tahun.

Kamu juga perlu tahu, motor listrik rentan karat jika tidak sering digunakan dan dirawat. Maka jika saat ini kamu sudah mulai menggunakan motor listrik, harus dirawat sebaik mungkin, ya. Semoga bermanfaat.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Daftar Motor Listrik Buatan Indonesia 2023

Rabu 09 Agustus 2023, 14:58 WIB
Daftar Motor Listrik Buatan Indonesia 2023
Berita Terkini